PENGARUH FASILITAS BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 1 BATIPUH

  • Ahmad Firdaus Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Fasilitas Bengkel Pemesinan, Hasil Belajar, Teknik Pemesinan Bubut, SMK Negeri1 Batipuh

Abstract

Pengalaman Ketika Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) tentang jurusan Teknik Pemesinan melakukan wawancara kepada kepala jurusan Teknik Pemesinan, menyatakan bahwa jurusan Teknik Mesin baru berjalan selama 5 tahun didirikan pada tahun 2015 dengan jumlah siswa 35 orang dan sarana praktik di bengkel Pemesinan SMK N 1 Batipuh menunjukkan bahwa terdapat  4 mesin Bubut. Hal ini membuat guru yang mengajar kualahan karena terlalu banyak yang praktik. Penelitian ini bertujuan buat: Mengenali pengaruh fasiliti bengkel pemesinan terhadap hasil belajar pembubutan siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negari 1 Batipuh Penelitian ini tercantum tipe penelitian ex- post facto. Variabel dalam penelitian ini adalahsarana bengkel pemesinan selaku variabel leluasa dan hasil belajar pembubutan selaku variabel terikatnya. Populasi penelitian ini merupakan segala siswa kelas XI metode pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 1 Batipuh sebanyak 28 siswa, XI jurusan Metode Pemesinan serta anggota populasi jadi ilustrasi totalitas ataupun diucap total sampling Pengumpulan informasi memakai tata cara kuesioner serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalahsarana bengkel pemesinan mempengaruhi positif serta signifikan terhadap hasil belajar pembubutan yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0, 459 serta persamaan regresi Y= 30. 491+ 0, 539. X Perihal ini menampilkan kalau tiap peningkatan skor pada variabel sarana bengkel( X) secara bertepatan diiringi dengan peningkatan skor pada variabel hasil belajar pembubutan sebesar 0, 539.

 

References

Deddy Alindra, I. G. (2015). Kontribusi Pengalaman Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Teknik Bangunan Smk N 2 Payakumbuh. Cived, 695-702.

Fanny, r. N. (2019). Implementsi Pembelajaran Berbasis Hots Dalam Meninkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 44-52.

Fauzn, H. M. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Mimbar Ilmu, 45-51.

Hamalik, O. (2010). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, K. a. (2020). Antecedent of Organizational Citizenship Bahavior . Positive and Negative Affectivity.

Indrawan, E, Andrianto, J., Helmi, N., Purwantono, P. (2020). Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 147-153.

Indrawan, E, Mulyanto, M., Purwanto, W., Maksum, H. (2021). Kontribusi Disiplin Belajar, Efikasi Diri dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 85-94.

Jasman. Satria ,Edi.,Irzal &Mulyadi, R(2021). Hubungan Motovasi Belajar pada Masa PandemiCovid 19 dengan Hasil Belajar Siswa kelas XITeknik Permesinan SMK Negeri 1Lembah Melintang, vomek 75-80.

Mulyadi, W. D. (2021). Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Di SMK Negeri Provinsi Sumtera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika, 7-16.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menegah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008 Tanggal 31 Juli 2008 Standar Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/ MAK).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1980). Peraturan Pemerintah Republik

Remon Lapisa, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. I N V O T E K, 119-126.

Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pembuka Ruang Kreativitas, Inovaasi dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam SSistem Otonomi Sekolah. Alfabet.

Sugiono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuatitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulastri, I. A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online.

Sundari, R. (2019). Peran Guru Sebagai Pembelajaran Dalam Motivasi Pesert Didik Usia SD. Menjadi Guru Pembelajar.

Suryabarata, S. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Teknologi Bandung.

Waskito. (2016). Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulira Emputri, A. A. (2019). Penerapn Model Pembelajaran Projeck Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 1 Pariaman. Jornal Vokasi Mekanika, 8-14.

Submitted

2021-09-30
Accepted
2021-10-25
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
A. Firdaus, E. Indrawan, J. Jasman, and R. Rifelino, “PENGARUH FASILITAS BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 1 BATIPUH”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 1-5, Feb. 2022.