PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA LULUSAN SMA DAN SMK PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNP

  • Defra Yones Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Mahasiswa, Lulusan, Teknologi Pemesinan, Pendidikan

Abstract

Indonesia terdapat beberapa jenis Sekolah Lanjutan Tingkat Atas SLTA), beberapa jenis jenjang Sekolah Tingkat Atas (SLTA) dimana yang akan dilihat perbedaan hasil belajar antara lain Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) keduanya memiliki perbedaan mendasar dalam penerapan ilmunya. Tujuan dari penelitian ini bertujuan supaya dapat melihat perbedaan dari hasil belajar siswa lulusan SMA dan SMK pada mata kuliah teknik mesin mata kuliah Teknologi Pemesinan Teknik Mesin FT UNP. Teknik dalam melakukan analisis data ini menggunakan pengujian  dari Uji Independent (Sampel T-Test) adalah sebuah bentuk dari bagian statistik inferensial parametrik (uji coba perbedaan atau perbandingan). Penelitian ini yang mana menggunakan data berupa nilai hasil belajar yang telah didapatkan di perkuliahan Teknologi Pemesinan Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Penelitian ini dilaksanakan awal  Februari 2020 di Jurusan teknik mesin, yang berjumlah 180 nilai mahasiswa sebagai sampel. Data dihasilkan dari proses penelitian yang dilakukan ini bisa disisampaikan bahwa mendapatkan perbedaan antara lulusan yang berasal dari SMA dan SMK. Kesimpulan ini mendapatkan hasil dari pengujian uji perbedaan yang digunakan  adalah uji-t. Jumlah untuk hasil dari uji-t memperoleh t hitung sejumlah 7,187 untuk lulusan SMA dan 18,014 untuk lulusan SMK > ttabel. Pada analisis data yang diperoleh 7,185 > 2,974 dan 8,014 > 1,974. dapat dikatakan adanya terdapat perbedaan, namun perbedaan hasil yang diperoleh tidak terlalu signifikan antara prestasi hasil belajar Mahasiswa Iulusan yang berasal SMA dan SM1K untuk hasil nilai perkuliah teknologi pemesinan Jurusan Teknik Mesin FT-UNP.

References

Ahmad Mudzalir. 2021. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia

Ahmad Susanto. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Ambiyar, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman

Asmedy. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Bulkia Rahim. 2018. Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi.

Hanafy. 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan

Husaini Usman. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasman. 2021. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Pplk Dengan Disiplin Belajar Kelas X Teknik Mesin Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat

Mulianti. 2020. Hubungan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang.

Nanang Martono. 2020. “Metode Penilaian Kuantitatif Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

oemar Hamalik. 2019. Media Pembelajaran.

Primawati. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome.

Rodesri Mulyadi. 2021. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi

Sandu Siyanto. 2015. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Karang Anyar: Literasi Media Publishing.

Setiawan, Monji. 2018. Peran Sekolah Yang Menerapkan Sistem Full Day School Dalam Mengontrol Perilaku Menyimpang Siswa.

Slamento. 2017. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suwartono. 2010. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

waskito. 2020. Kontribusi Minat Kerja da penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Indusrri Kelas XII Program Teknnik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok.

Submitted

2021-10-17
Accepted
2021-11-17
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
D. Yones, P. Purwantono, J. Jasman, and E. Indrawan, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA LULUSAN SMA DAN SMK PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNP”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 1-5, May 2022.