HUBUNGAN SELF-DISCLOSURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 5 PADANG
Abstract
Terjadinya pandemi Covid-19 mengharuskan SMKN 5 Padang untuk melakukan proses belajar mengajar menggunakan sistem kombinasi antara daring (online) dan tatap muka. Hal tersebut memberikan dampak bagi para siswa, seperti beberapa diantaranya akan mengalami kesulitan mengemukakan pendapat di kelas dan merasa canggung karena sudah lama tidak belajar tatap muka di sekolah. Namun pada siswa yang memiliki kemampuan keterbukaan diri/ self-disclosure yang tinggi, mereka tidak akan terlalu terganggu oleh kesulitan tersebut sebab seseorang yang merasa self-disclosure yang tinggi condong memiliki kepercayaan diri yang tinggi.. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menangkap adanya hubungan self-disclosure terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK N 5 Padang. Penelitian ini berpusat untuk memahami apakah didapat hubungan yang signifikan akan self-disclosure atas hasil belajar siswa. tipe penelitian yang ditetapkan adalah kuantitatif yang berkarakter korelasional. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI TP SMK Negeri 5 Padang pada tahun ajaran 2021/2022 dan jumlah sampel terkumpul sebanyak 53 responden. Untuk pengumpulan data digunakan angket dengan 20 butir item pernyataan yang bisa dijawab responden dan menggunakan skala likert.Hasil data memperlihatkan Self-disclosure berada pada kategori sedang dengan nilai mean sebesar 76.96 dan hasil belajar di kategori rendah dengan nilai mean sebesar 42.58. Hasil SPSS menunjukan nilai korelasi (r) atau rhitung sebesar 0,331>0,270 rtabel dan nilai signifikan diperoleh 0,16 pada taraf 5%. Artinya diperoleh hubungan positif dan signifikansi akan variabel self-disclosure atas variabel hasill belajar berada pada tingkat korelasi yang rendah.
References
Giva Maulani. 2018. “Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas I Tgb Smk N 2 Payakumbuh.”Cived 5(1):2091–94.
Akbar, Setiawan P. dan Usman H. 1995. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
DeVito, J . A . 2011 . Komunikasi Antar Manusia, Jakarta : Professional Books.
Fahmi, Nasrina Nur, and Slamet Slamet. 2017 “Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 13(2):6984. doi: 10.14421/hisbah.2016.132-05
Fauzan, Fauzan, Hasan Maksum, Wawan Purwanto and Eko Indrawan. 2021. “Hubungan Sikap Belajar Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO).”Mimbar Ilmu 26(1):45. doi: 10.23887/mi.v26i1.31347.
Gainau, Maryam B. 2012. “Keterbukaani Diri.”Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan NegerI (STAKPN) Papua 12–36.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: iBadan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ikhsan Dani Nugraha, Nelvi Erizon, Eko Indrawan and Primawati. 2021. “efektivitas penggunaan e-learning pada mata kuliah gambar teknik mahasiswa program studi d3 teknik mesin universitas negeri padang effectiveness of using e-learning on the eyes student engineering drawing lecture mechanical engineering d3 study program.”3(3):22–29.
Issue,V. O. L., Ade Nofembri, Linda Fitria, and Popi iRadyuli. 2021 .“Hubungan Self-disclosure Dengan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat Di Depan KelasiI SMK Negri 9 Padang.”8(1):64–70.
Mulyanto, Mulyanto, Hasan Maksum, and Eko indrawan. 2021. “Kontribusi Disiplin Belajar Efikasi Diri Dan Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa.”Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran”(1): 85.doi:10. 23887/jipp. v5i1 31491.
Novianna, Ruth Permatasari. 2012.“Pengungkapan Diri Pada Remaja Yang Orang Tuanya Bercerai.”Jurnal Psikologi 1–11.
Putra,Indra, Refdinal, Eko Indrawan, and Prasetya Febri. 2021. “Peneraparan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas I SMK Negeri 1 Bangkinang.” 3(1):1–6.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian .Bandung: Alfabeta.
Saputra, Eko Kurnia Nelvi Erizon Jasman. 2021 “Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok.”3(1):45–51.
Sari, delima yanti, julian berlin roland Tobing, Mulianti, and Rifelino. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (Dptm) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Whiteboard Techniques Pada Siswa Kelas I Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang.” 2(3):18–23.
Setianingsih, Eka Sari. 2013. “Keterbukaan Diri Siswa (Self-Disclosure). ”Journaliof Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Sugiyono. 2017. Metodei Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, CV.
Sutrisno, Valiant Lukad Perdana, and Budi Tri Siswanto. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta.”Jurnal Pendidikan Vokasi 6(1):111. doi: 10.21831/jpv. v6i1.8118.
Taddei, Stefano, and Bastianina Contena. 2013. “Privacy, Trust and Control: Which Relationships with Online Self-Disclosure?” Computers in Human Behavior 29 (3):821–26. doi: 10.1016/j.chb.2012.11.022.