PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

  • Febri Al Rasyid Universitas Negri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Media Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin.

Abstract

Metode belajar yang dipakai di SMK Negerii 1 Bukittinggi merupakan gabungan antara pembelajaran langsung dan online atau bisa disebut blended learning. Metode ini menyulitkan guru dalam menyampaikan bahan ajar dengan memakai media konvensional dan juga mengurangi minat belajar siswa. Faktor-faktor tersebut berdampak pada nilai siswa. Masih kurangnya nilai siswa menuntut pengajar untuk dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penggunaan media seperti video tutorial dapat meningkatkan minat belajar siswa, proses pembelajaran lebih efisien, dan guru lebih mudah dalam memberikan bahan ajar menggunakan media pembelajaran video tutorial, media edukatif dan konvensional. Dalam menjalani penelitian, peneliti memakai metode eksperimen. Penelitian ini hanya membandingkan post-test kelas eksperimenn dan kelas kontrol..Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan tes. Tes tersebut digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa yang populasinya adalah kelas X TPM di SMK Negeri 1 Bukittinggi. yang berjumlah 72 siswa dan seluruhnya dijadikan sampel. Tes sebelum diujicobakan terlebih dahulu sudah mendapat perlakuan yang sama” yaitu kelas XI TPM setelah itu baru diujikan untuk kelas X TPM. Hasil uji independent sample test nilai mr. (2 tailed) sebesar 0,000, sehingga jelas nilai sig. (2 tailed) < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan atau terdapat perbedaan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin yang menggunakan media konvensional dengan materi video tutorial.

References

Ambiyar, (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Ananda, R., M., & Suparno. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Ranah. 744–749.

Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Ilmu dan. Aplikasi Pendidikan. pedagogiana press.

Gani, Irwan & amalia, siti. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelituan Bidang Ekonomi dan Sosial. CV. Andi Offset.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas. Diponegoro.

Hamalik, O. (1982). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Prabowo, A. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, A. (2012). Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Primawati, Rozi, F, & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2), 11–20. https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.329

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran. Kaukaba.

Sanurdi, S., Syahril, S., Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Bubut Menjadi Video Tutorial Untuk Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 1 Padang. Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 80–87.

Sudjana, N. (1991). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.

Sudjana, N. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Suseno, M. N. (2012). Pedoman Praktikum Statistika (Revisi I). Yogyakarta. Laboratorium Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Waskito & Alkadra, M. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok. Pendidikan Teknik Mesin, 3345–3356.

Submitted

2021-10-22
Accepted
2021-11-02
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
F. Rasyid, P. Primawati, I. Irzal, and R. Rifelino, “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PDTM DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 65-69, Feb. 2022.