KONTRIBUSI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KOMPETENSI KERJA SISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

  • Fajri Ramadhan Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Kontribusi, Praktek Kerja Industri, Kompetensi Kerja, Kesiapan Kerja.

Abstract

Sekarang ini diyakini sebagiani SMK belum maksimal dalam menyiapkan lulusannya sesuai yang diharapkan. Kurang optimalnya lulusan SMK tentu saja menjadi masalah yang harus dibenahi. Tujuan penelitian ini yaitu diharapkan dapat menumbuhkan kesiapan kerja siswa terutama siswa jurusan teknik pemesinan di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional yang bertujuan mengetahui hubungan antara variabel yang di teliti, diantaranya variabel praktik kerja industri, kompetensi kerja, dan kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Bukittinggi, dengan populasi sebanyak 100 orang. Pada penalitian ini peneliti menggunakan teknik Proportional Random Sampling, dengan sampel berjumlah 50 siswa.Uji phipotesis, didapat bahwa praktik kerja industri berkorelasi sebesar 0,583 yang di kategorikan memiliki nilai korelasi SEDANG, dan berkontribusi sebesar 33,9% terhadap kesiapan kerja siswa. Kompetensi kerja siswa berkorelasi sebesar 0,780 yang di kategorikan memiliki nilai korelasi CUKUP, dan berkontribusi sebesar 60,8% untuk kesiapan kerja siswa. Praktik kerja industri dan kompetensi kerja siswa secara bersama-sama berkorelasi terhadap kesiapan kerja sebesar 0,781 yang di kategorikan memiliki nilai korelasi SEDANG, dan menyumbangkan nilai kontribusi sebesar 60,9% terhadap kesiapan kerja siswa. Sehingga rumusan Ha diterima sementara Ho tidak diterima, Oleh karena itu ada pengaruh yang signifikan antara praktik kerja industri dan kompetensi kerja siswa terhadap kesiapan kerja siswa teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi.

References

Alfaridh, D., Syahri, B., Yufrizal, A., & Nurdin, H. (2019). Kontribusi Peelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri ( PLI ) terhadap Kesiapan Diri Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT - UNP Bekerja di Dunia Industri Contribution of Industrial Field Experience to Students’ Readines in Mechanical Engineering Departement. 1(3), 9–17.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arwizet, K., & Efendi, R. (2014). Hubungan Motvasi dan Disiplin Kerja terhadap Hasil Belajar Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.

Arwizet, K., & Rizka. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri1 Pariaman. Ranah Research: Journal of Multidicspilnary Research and Development, 1(4).

Gujarati. (1999). Basic Econometrics (4th ed.). Mc. Graw Hil.

Indrawan, R, Yuniawati, P. (2014). Metode Penelitian. PT. Refita Aditama.

Jasman. (2018). Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tentangiPraktik KerjaiLapangan bagiiPeserta Didik. kemendikbud.

Mulianti. (2018). Model Pengukuran Faktor dan Indikator yang Berperan terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi. Invotek, 18, 39–47.

Notoatmodjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. CV. ANDI OFFSET (ANDI).

Ratna, K. (2013). Hubungan antara Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian TKPI SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Akademik 2012/2013.

Sectio, R, Y. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jurusan Pendidikan Seni Tari.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel, Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Undang-Undang. (2003). Ketenaga Kerjaan.

Waskito, Jalinus, N., & S. (2018). Kinerja guru terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sawahlunto. 1(1), 1–7.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.

Submitted

2021-10-25
Accepted
2021-11-05
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
F. Ramadhan, A. K, M. Mulianti, and A. Kurniawan, “KONTRIBUSI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KOMPETENSI KERJA SISWA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 101-106, Feb. 2022.