HUBUNGAN DISIPLIN PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PDTM KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG
Abstract
Masa pandemic corona virus mengharuskan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring atau jarak jauh. Sekolah SMK N 1 Padang telah melaksanakan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Siswa kelas X tetap membutuhkan kedisiplinan dalam belajar agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan efektif. Alat ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar ditunjukan dari prestasi belajar. Semakin baik disiplin siswa terhadap pembelajaran daring maka hasilnya akan semakin baik juga terhadap keberhasilan prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan disiplin dan hasil belajar serta mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi berjumlah 71 siswa dari kelas X jurusan Teknik Permesinan dan anggota populasi menjadi sampel keseluruhan atau disebut total sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Data dari variabel dependent didapati melalui Angket (Questionnaire) dan rata-rata nilai soal tes yang peneliti berikan. Analisis data penelitian menunjukan disiplin belajar berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 98.41 dan hasil belajar di kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 87.94. Output SPSS menunjukan nilai Corralate (r) atau rhitung sebesar 0,237>0,230 rtabel dan nilai signifikan diperoleh 0,47 pada taraf 5%. Artinya adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar dan variabel hasil belajar selama pelaksanaan pembelajaran daring dan berada pada tingkat korelasi yang rendah.
References
Afryansih, N. (n.d.). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Geografi Sman 5 Padang.
Ambiyar. (2013). Implementasi Evaluasi Formatif Pada Mata Diklat Gambar Teknik Dan Mata Diklat Produktif Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (Pdtm) Di Smk Negeri 1 Padang. Seminar Nasional Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Vokasi Dalam Perspektif Kurikulum 2013 – Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang Implementasi.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Creswell, J. W. (2019). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Ghofar, A. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 1(1),16–35. https://doi.org/10.26555/almisbah.v1i1.83
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, H. S. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Widya, 1(2), 92–99. http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/129
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Munadir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2).
Primawati, R. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Gambar Teknik Mesin (DPTM) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran World Cafe Method Pada Siswa Kelas X Jurusan Gambar Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi. Multidicsiplinary Research and Develpomen, 1(3), 1–8.
Purwantono, D. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling., 2(1).
Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 242. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Susanto, I. (2012). Efektivitas Model Team-Game-Turnamen pada Pembelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Di Smk Piri Sleman.
Suwarno, S. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Philanthropy: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622
Tangkilisan, G., Oroh, S. G., & Soegoto, A. S. (2014). Bauran pemasaran jasa pendidikan pengaruhnya terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di SMK N 1 Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 269–277.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226
Zedadra, O. (2019). Hubungan Antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (Pdtm) Dengan Kemampuan Praktik Kerja Mesin Siswa Kelas Xi Teknik Pemesinan Smk Negeri 10 Makassar. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.