HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA BELAJAR GAMBAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK PADAKELAS X TEKNIK PERMESINAN DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR
Abstract
Permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa diperkirakan adanya permasalahan yang menyangkut tentang persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar Teknik Permesinan tahun ajaran 2018/2019 dengan hasil belajar mata diklat Gambar Teknik pada Kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Jenispenelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Sampel diambil dari populasi yang ada dari setiap kelas dengan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel sebanyak 40 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.00 for windows.Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap sarana Gambar dengan hasil belajar mata diklat Gambar siswa kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Adanya hubungan yang berarti tersebut ditunjukkanoleh perolehan nilai r hitung = 0,454 ≥ r tabel 0,312, maka berdasarkan tabel pedoman interprestasi koefisien korelasi maka tingkat hubungan persepsi siswa terhadap sarana belajar Gambar dengan hasil belajar mata diklat gambar teknik dikategorikan “sedang”