PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIRTUAL REALITY PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT - UNP

  • Muhammad Al Fath Yosfiah Mahasiswa
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelaksanaan, Media, Pendidikan, Virtual Reality, Teknologi Pemesinan

Abstract

Media menjadi salah satu fasilitas pendukung pada jalannya proses pembelajaran pada bidang Kuliah Teknologi Pemesinan sulit dimengerti karena mahasiswa belum mengetahui cara menggunakan mesin bubut selama masa pandemi Covid-19 Kerena di situasi ini semua pembelajaran di tingkat perguruan tinggi dan sekolah melalui proses daring. Pada observasi ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat dipakai untuk mahasiswa angkatan 2020 Jurusan Teknik Mesin FT-UNP pada bidang studi Teknologi Pemesinan dengan memakai media interaktif Virtual Reality. Metoda yang dipakai ialah Research and Development serta memakai jenis eskalasi Plomp. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP Pada Semester Juli–Desember 2021. Subjek penelitian ini adalah 60 orang Mahasiswa Angkatan Masuk 2020 Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Observasi yang dilakukan validasi ahli media tentang pelaksanaan aplikasi Virtual Reality untuk Bidang studi Teknologi Pemesinan menyatakan nilai perolehan yang diperoleh yaitu 95,29% yang menyatakan sangat valid. Observasi dilakukan validasi ahli materi tentang pelaksanan aplikasi Virtual Reality menyatakan nilai perolehan yang diperoleh yaitu 83,5% yang menyatakan telah valid. Obeservasi praktikalitas yang dilakukan salah satu dosen tentang pelaksanaan aplikasi Virtual Reality pada bidang kuliah yang diriset ialah 80% yang menyatakan bahwa aplikasi Virtual Reality telah praktis. Observasi Penataan applikasi Virtual Reallity pada Bidang Studi yang sedang diriset tersebut di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP dari 60 responden, menyatakan jumlah perolehan yaitu 84,93% yang dapat dinyatakan bahwa anggapan siswa tentaang penerapan Virtual Reallity dalam proses studi khususnya yaitu mata kuliah Teknologi Pemesinan yang menyaatakkan telah Efektif untuk dipakai.

References

Diah, I., & Nita, S. (2018). Pembuatan Video Sebagai Media Pembelajaranuntuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. Diambil dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Emputri, Y., & Arwizet, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman the Application of Model Learning Project Based Learning for Increase Activities and Learning Outcomes Engineering. 1(1).

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 219.

Oktafia, F., & Nora AN, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Sosiologi FIS UNP Tentang Mata Kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.65

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. Diambil dari http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Prasetya, F., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2020). Development design augmented reality-based jobsheet in CNC programming subjects. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 50–67.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.

Putri, Y., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U., Tawar, K. A., & Reality, A. (2020). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MATAKULIAH IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY IN MECHANICAL. 2(4), 26–32.

Rahim, B., Suparno, S., & Junil Adri, J. A. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1123

Ramadhan, A. N., & Soenarto, S. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 297. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6485

Refdinal, & L, N. P. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 1 Padang. Ranah Research, 1(4), 805–811.

Rifdarmon, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 113. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1600

Riyadi, F. S., Sumarudin, A., & Bunga, M. S. (2017). Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(2), 75. https://doi.org/10.26798/jiko.2017.v2i2.76

Sari, D., & Astuti, D. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Dosen. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(1), 16–22. Diambil dari http://repository.uinjambi.ac.id/8476/

Silviana Nur Faizah. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Sunarni, T., & Budiarto, D. (2014). Persepsi Efektivitas Penggunaan Media Virtual Reality. 13(2), 109–116.

Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Jepang, J. S., Budaya, F. I., … Belajar, H. (2020). Relationship Level of Creativity With the Result of Subjects. 2(2).

Waskito, & Alkadra, M. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas Xii Program Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Pendidikan Teknik Mesin. (3345–3356).

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Zainal, A. and. (2008). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46.

Submitted

2021-10-26
Accepted
2021-11-07
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
M. Yosfiah, P. Primawati, W. Waskito, and F. Prasetya, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIRTUAL REALITY PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT - UNP”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 132-136, Feb. 2022.