PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH FABRIKASI

  • Hafizil Haq Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengaruh, Media Video Pembelajaran, Fabrikasi, Model ADDIE, Hasil Belajar.

Abstract

Belum digunakannya media pembelajaran yang lebih imajinatif yang dapat membangun inspirasi dan hasil belajar mahasiswa sehingga sistem pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Hasil belajar yang belum maksimal dikarenakan kekurangan media pembelajaran sehingga membuat mahasiswa sulit mencerna materi belajar khususnya dalam matakuliah Fabrikasi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pemanfaatan media video edukasi terhadap hasil belajar untuk matakuliah Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Untuk melihat pemanfaatan media video ini menggunakan teknik penelitian (Research and Development) yang berpatokan kepada model ADDIE. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Media video pembelajaran ini mencakup beberapa fase yang diarahkan oleh model ADDIE (fase analisis, fase perancangan, fase pengembangan, fase implementasi dan fase evaluasi). Data pada penelitian ini di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk media video yang bisa digunakan untuk pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin FT UNP terhadap Matakuliah Fabrikasi. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, dari ahli media dan dari responden dari 20 mahasiswa. Pengujian ahli materi mendapat skor normal 80% (sangat baik), dan ahli media mendapat skor normal 80% (sangat baik), dari responden, 20 mahasiswa mendapat skor normal 89,1% (sangat baik). Dari hasil pengujian yang selesai diadakan bisa di simpulkan bahwa video ini sangat berhasil digunakan ketika proses belajar sebagai media belajar mahasiswa dalam matakuliah fabrikasi.

References

A, Y., Samsur, T., Ambiyar, Aziz, A., & Helmi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Teknzk Produksi Pemesinan Di Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Budiono, E., & Susanto, H. (2000). Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester I Sma. Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, 50(4), 354–359. https://doi.org/10.1139/y72-052

BulkiaRahim, Suparno, Erizon., N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi Development of Cooperative Model of Jigsaw Type Model Learning in, 1(2), 49–54.

Bulkia, R. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. 7(1), 78–85.

Hidayat, H., Hartono, & Sukiman. (2017). Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Researc

Jasman, Saputra, M. I., & Refdinal. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan

Kependidikan ( Pplk ) Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 5 Padang Student ’ S Perc .... Student ’ S Perception Of College Student Basic Skill Teaching Of E, (October).

Khardin, A., Suparno, Primawati, K, A., Refdinal, & Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaranterhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknikkelas X Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Padang, 2(1).

Morgan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.

Pohan, J. E., Atmazaki, & Agustina. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Resensi Di Kelas IX Smp 7 Padang Bolak. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Putra, R. F., Syahril, Yufrizal, & Arafat, A. (2020). Pengembangan Panduan Penggunaan Mastercam Pada Mata Pelajaran Nc/Cnc Dan Cam, 2(1).

Puyada, D., Ganefri, G., Ambiyar, A., Wulansari, R. E., & Herawan Hayadi, B. (2018). Effectiveness of interactive instructional media on Electrical Circuits. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.14 Special Issue 14), 220–223.

Salim, S., A, Y., Ambiyar, & Fernanda, Y. (2020). Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang The Relationship Between The Perception Of Students Towards The Implementation Of Industrial Working Practices With The Readiness To Enter The World Of Engine, 2(3), 30–36.

Sri Handayani. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Pembuatan Bebe Anak Untuk Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Pengasih. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinarbaru.

Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.

Tobing, J. B. R., Sari, D. Y., Mulianti, & Rifelino. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (Dptm) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Whiteboard Techniques Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang.

Yurni, S., & Bakti, H. E. (2016). Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan, 293–306.

Zulfikra Rendi, Jasman, Ambiyar, Erizon, N., & Adri, J. (2020). Hubungan Disiplin Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pdtm Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Solok. Osteoarthritis and Cartilage, 28(2), 1–43.

Submitted

2021-10-27
Accepted
2021-11-03
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
H. Haq, P. Purwantono, I. Irzal, and B. Rahim, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH FABRIKASI”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 89-93, Feb. 2022.