HUBUNGAN SUASANA RUANG BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN DI SMKN 5 PADANG
Abstract
Keberlangsungan hidup bangsa Indonesia yang mempunyai peranan penting adalah pendidikan. Proses belajar mengajar ialah upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran itu bertujuan untuk merubah perubahan dalam diri peserta didik sering dibilang hasil atau prestasi belajar. Begitupun halnya tentang suasana ruang belajar pada sekolah kejuruan, ruang belajar dikatakan nyaman apabila hasil belajar serta kenyamanan siswa di dalamnya bisa meningkat. Suasana yang kurang kondusif menyebabkan siswa tidak bisa belajar dengan optimal, hal ini tentu menghasilkan hasil belajar siswa menjadi minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan suasana ruang belajar berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Mesin. Penelitian ini termasuk penelitan kuantitatif korelasional. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMKN 5 Padang pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel di penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dianalisis memakai produk momen korelasi. Penelitian mempunyai nilai akhir yaitu nilai korelasi yang diperoleh rhitung sebesar 0,576 dan rtabel yaitu 0,254 pada taraf alpha 0,05 dengan kriteria rhitung > rtabel (0,576 > 0,254) sehingga HI diterima dan berada pada kategori sedang, hal ini berarti bahwa suasana ruang belajar berhubungan signifikan dan positif dengan nilai akhir belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-dasar teknik Mesin jurusan Teknik mesin di SMKN 5 Padang.
References
Andri, P. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Teknik Mesin, 2(1).
Antoni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga Kelas Xi Tkr 2 Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 63–67.
Ayub, A. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Di SMK Ngeri 10 Makasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(2).
Delva, F. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(1), 34–44.
Dewita, P. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.
Ermanto, P. (2020). Pengembangan Materi Ajar Berbantuan Edmodo Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Untuk Smk. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 145–153.
Fandian, R. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. Jurnal Teknik Mesin, 3(1), 16–17.
Mahmud, P. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 11–20.
Muhammad, A. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2).
Muhammad, I. (2014). Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Mata Diklat Servis Engine Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 2(1).
Nugraha, H., & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54.
Rahma, A., & Suparno. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Teknik Mesin, 4(2).
Sabryadi. (2015). Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1).
Saiful, S. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang. Vomek, 2(3), 30–36.
Sanurdi, S., Syahril, & Erizon, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Bubut Menjadi Video Tutorial Untuk Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 1 Padang. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Bidang K3, 2(4), 80–87.
Sudjana. (1991). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. In Sinar Baru.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. In Alfabeta.
Susanti, W. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas Xii Ips Sman 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).
Yestiwar, M. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 162–180.
Yunus, Soeryanto, & Arif, M. Z. (2020). Kata Kunci :Pembelajaran daring, PBMP, kemandirian belajar. Journal of Vocational and Technical Education, 03(02), 1–8.