PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DAN KESIAPAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SMK NEGERI 6 BATAM

  • Berry Delfi Andra Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Teaching factory, Kesiapan Guru, Hasil belajar, Pengaruh, Pembelajaran

Abstract

Menghadapi tantangan dalam penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tentu kita harus menyiapkan SDM yang profesional dan kompeten guna demi meningkatnya kualitas terhadap SDM tersebut. Pendidikan kejuruan dan vokasi sebagai wadah dalam membentuk siswa untuk memiliki kamampuan meliputi soft skill, hard skill sesuai dengan kejuruan yang dipelajari di sekolah. Tujuan pada riset  ini ialah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran teaching factory terhadap hasil studi TP CNC peserta didik kelas XII TM 1 SMK Negeri 6 Batam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif yang bertujuan untuk memberikan gambaran objek yang sedang diteliti. Teknik untuk menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji normality, uji linearity uji corelation dan determinant coefficien. Berdasarkan uji normalitas pembelajaran teaching factory dan kesiapan guru menyatakan bahwa data terdistribusi normal. Berdasarkan uji linearitas antara teaching factory dan kesiapan guru terhadap hasil belajar menyatakan bahwa antara faktor bebas (X) dan faktor terikat (Y) linear. Hasil Uji korelasi antara teaching factory dan kesiapan guru terhadap hasil belajar terdapat pengaruh. Sehingga penelitian ini disimpulkan adanya pengaruh pembelajaran teaching factory dan kesiapan guru terhadap hasil belajar. Dimana pembelajaran teaching factory memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dihitung dengan uji koefisien determinasi yaitu sebesar 61,61% dan kesiapan guru terhadap hasil belajar sebesar 58,52%.

 

References

Direktorat PSMK. (2015). Panduan Pelaksanaan Teaching factory. In Direktorat Pembinaan SMK. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ibnu-siswanto-mpd/teaching-factory-bidang-keahlian-otomotif.pdf

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy terhadap Informal Knowledge Sharing pada Mahasiswa

FISE UNY. In Jurnal Nominal (Vol. 2, Issue 2).

Fajaryati, N. (2012). Evaluation of SMK Teaching Factory. 325–337.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro.

Indrawan, R, Yuniawati, P. (2014). Metode Penelitian. PT. Refita Aditama.

Kuswantoro, A. (2014). Teaching Factory: Rencana dan Nilai Entrrepreneurship. Graha Ilmu.

Margono. (2010). Metodoglogi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Muhadi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam

Muhadi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Ejournal Unisba, XX(4), 15.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017.

Rayyan, M., Ismail, R., & Amiruddin. (2019). Penerapan Teaching Factory terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Las Busur Manual (SMAW) Jurusan Teknik Las SMK Negeri 3 Gowa.

Sudiyono. (2019). Teaching Factory Sebagai Upaya Teaching Factory As an Effort To Improve. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159–181.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Susanto, A. D. (2016). Pendidikan Kejuruan Menyiapkan Peserta Didik Pekerjaan maupun Studi Lanjut. 67–70.

Suwithi, N. W. (2019). Pengembagan Kewirausahaan. Direktoral Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Tampubolon, H. (2014). Strategi manajemen sumber daya manusia dan perannya dalam pengembangan keunggulan bersaing.

Wibowo Nugroho. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidian Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kejuruan, 23(1), 45–50.

Yenny, N. (2010). Menyiapkan Tenaga Kerja dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Geografi, 8(8), 1–7.

Zainudin, I. (2012). Kontribusi Pelaksanaan Teaching Factory dalam Mempersiapkan Lulusan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.

Submitted

2021-11-01
Accepted
2021-11-06
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
B. Andra, A. K, Y. A, and Z. Abadi, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DAN KESIAPAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SMK NEGERI 6 BATAM”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 119-124, Feb. 2022.