STRATEGI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PANDANGAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Wahyudi Dwi Putra Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Nofri Helmi Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Azis Nabawi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kepuasan, Evektifitas ,Sistem Blok, Covid-19, Teknik Permesinan

Abstract

Pandemi Covid-19 dimana merupakan krisis kesehatan dan menyerang seluruh negara diberbagai sektor. Dampak dari wabah Covid-19 juga mempengaruhi sektor pendidikan di negara Indonesia. Perubahan tingkah laku, pola hidup, pembatasan aktivitas, hal ini dilakukan agar mengurangi resiko penyebaran wabah virus. Pada tahun 2021 ini pemerintah resmi membuka kembali sekolah umum dan dapat melaksanakan pembelajaran luring/ tatap muka dengan ketentuan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan pemerintah dan instansi terkait. SMK Negeri 1 Sumatera Barat, merupakan  sekolah yang menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan sistem blok, yaitu dengan membagi siswa dalam satu lokal menjadi 2 kelompok belajar. Tujuan penelitian guna mendapatkan pendapat siswa tentang kepuasan belajar menggunakan sistem blok dan efektivitas terhadap kompetensi siswa. Metode yang dilakukan adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data uji berupa angket yang menggunakan skala likert dan dokumentasi yang dihimpun dari pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan belajar proses pembelajaran sistem blok siswa mencapai pada persentase 71,35% termasuk kedalam kategori cukup tinggi, Selain itu, telah diketahui tingkat kepuasan pada aspek sarana dan pra sarana, faktor pendukung, kesiapan peserta didik, dan evaluasi berada pada kategori cukup tinggi, sedangkan Efektivitas pembelajaran sistem blok terhadap kompetensi siswa kurang efektif karena dari 47 siswa jurusan teknik permesinan SMKN 1 Sumatera Barat hanya 2 orang siswa yang mendapat nilai diatas KKM.

 

References

Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Piaud Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. Https://Doi.Org/10.24014/Kjiece.V3i1.9609

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. In Prenadamedia Group.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P282-289

Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.Pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi Ke X.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap

Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89

Erizon., N., Saputra, Eko Kurnia, Indrawan, E., & Jasman. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajarterhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. 3(1), 45–51.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kesembian. Semarang: Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.

Janna, N. M., & HERIANTO, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS

Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdwon.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities And Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.

Riduwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. In Bandung: Alfabeta.

Riduwan 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sari, Delima Yanti, Tobing, Julian Berlin Roland, Mulianti, & Rifelino. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (Dptm) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Whiteboard Techniques Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang. 2(3), 18–23.

Sri Yulastri, R., & Silalahi, M.Pd, D. J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X Dpib Smk Dhuafa Padang. Cived, 6(3). Https://Doi.Org/10.24036/Cived.V6i3.106229

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.

Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia

Suwati. (2008). Surakarta. Sekolah Bukan Untuk Mencari Pekerjaan. Bandung: Pustaka Grafika.

Syaiful, S., Yufrizal, A., Ambiyar, & Yolli, F. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang. Vomek, 2(3), 30–36.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan - Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. - Google Books. In Prenada Media.

Submitted

2021-11-01
Accepted
2021-11-06
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
W. Putra, A. Ambiyar, N. Helmi, and R. Nabawi, “STRATEGI PEMBELAJARAN SISTEM BLOK MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PANDANGAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 125-131, Feb. 2022.