TINJAUAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT SMK NEGERI 2 MERANGIN

  • Bangun Sukma Wijaya Universiits Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Media, Minat, Google Classroom, SMK Negeri 2 Merangin, Teknik Pemesinan Bubut.

Abstract

Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap aspek pendidikan, proses pembelajaran untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada SMK Negeri 2 Merangin, yang menyebabkan pergeseran proses pembelajaran, yang mulanya pembelajaran konvensional di ruang kelas. Google classroom ini dapat didefinisikan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan untuk dioptimalkan untuk menjadi platform tertentu di dalam proses pembelajaran daring. Aplikasi google classroom ini diperlengkapi dengan beberapa fitur tertentu yang berguna untuk dapat mendukung dan membantu proses berlangsungnya pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini, agar dapat memahami minat siswa pada media google classroom yang dipergunakan untuk proses pembelajaran daring di tengah pandemi covid 19 saat ini. Data penelitian ini dilaksanakan pengumpulan dengan memanfaatkan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penganalisisan data penelitian ini, diantaranya mencangkup dengan standar deviasi, modus, mean, median dan juga frekuensi relative persentasi, setelah itu dilaksanakan pengujian persyaratan analisis dengan mempergunakan pengujian normalitas. Untuk penelitian ini memilih tempat di SMK Negeri 2 Merangin. Untuk penelitian ini, subjek penelitiannya ialah para siswa dari kelas XI TP, X TP, dan juga XII TP. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kebanyakan siswa mempunyai minat yang cukup baik pada media pembelajaran google classroom untuk mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Kesimpulan dari variabel minat siswa ini yang berkategori cukup baik, yakni sejumlah 46 siswa (84%) dari jumlah keseluruhan 55 siswa.

 

References

Achmad, dkk. (2017). Hubungan Antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Ambiyar, N. J. &. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Budi, Syahri; Herki, M., & Syahrul. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar dengan hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. 1(2).

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 31–39.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. In Seminar Nasional Hasil Penelitian-Stimik Handayani Denpasar (Issue September). universitas dipenogoro.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. jurnal pemanfaatan google classroom 18(2), 225–233.

Jamil Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Aplikasi. In

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jasman. (2018). Persep Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang.

Menteri Pendidikan. (2020). pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19).

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGMPress. Gajah Mada University Press.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. jurnal media pembelajaran google classroom. 1, 46–55.

Pinat, M. T. (2011). Industrial Support in Vocational Education and Training Development to Achieve Quality Assurance of Indonesian Professional Labor Force. 42.

Prabowo, A. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.

Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Volume 2 N.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S. M. (2016). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. 8(10), 5–8.

Sudira. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Waskito & Alkadra, M. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok. Pendidikan Teknik Mesin, 3345–3356.

Waskito, dkk. (2016). Konstribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok.

Submitted

2021-11-02
Accepted
2021-11-19
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
B. Wijaya, A. Ambiyar, J. Jasman, and A. Kurniawan, “TINJAUAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT SMK NEGERI 2 MERANGIN”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 18-24, May 2022.