PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN JALUR MASUK DAN ASAL SEKOLAH PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT-UNP
Abstract
Masih banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai <B melalui jalur masuk dan dari sekolah asal pada mata kuliah MatematikaMahasiswa lulus melalui jalur SNMPTN dan mahasiswa yang berasal dari SMK sering dianggap mempunyai nilai yang tinggi dari pada dengan jalur SBMPTN dan Mandiri serta SMA. Tujuan Penelitian ini merupakan buat membicarakan disparitas output belajar mahasiswa di jalur masuk dan sekolah asal tahun masuk 2017, 2018, dan 2019 di Mata Kuliah Matematika di Universitas Negeri Padang Fakultas Teknik Prodi Penddikan Teknik Mesin. Strategi eksplorasi yaang memanfaatkan ex post facto merupakan penelitian dengan memimpin penelitian observasional yang tepat, dimana para ahli tidak memiliki kekuasaan langsung atas faktor-faktor bebas, karena kekhasannya sulit dikendalikan. Eksplorasi ini diarahkan pada bulan Januari-Juni di Universitas Negeri Padang Fakulas Teknik Jurusan Teknik Mesin yang total populasinya 187 mahasiswa. Pengambilan sample dengan teknik yang digunakan yaitu sampling total sebanyak 187 mahasiswa. Buatan review buat uji disparitas hasil belajar mahasiswa ditinjjau dari jalur masuk dan skolah asal di mata kuliah Matematika pada Universitas Negeri Padang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Prodi Pendidikan Teknik Mesin dan memanfaatkan normaltas uji data dirangkum belum normal distribusinya. Melalui hasil pengujian Mann-Whitney U-test melihatkan tidak terdapat perubahan yang mencolok. Sedangkan menggunakan Non-Parametrik Kruskal-Wallstest menunjukkan perbedaan yang signifikan.
References
Alkautsar, M Rizki, and Mutiara Budi Azhar. 2014. “Hubungan Akreditasi Sekolah , Asal Sekolah , Jalur Penerimaan Mahasiswa an Tempat Tinggal dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Proses Pembelajaran merupakan Kegiatan Utama Dalam Dunia Pendidikan , Termasuk di Perguruan Tinggi ( PT ). Keberhasilan P.” Biomedical Journal of Indonesia 4(3): 13–22.
Ambiyar, Ishak Aziz, and Melisa Melisa. 2020. “Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Lembah Melintang Dan SMAN 1 Lembah Gumanti.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 1246–58.
Ambiyar, Mulianti, and Febri Prasetya. 2021. “Persepsi Mahasiswwa Teknik Mesin Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Gambar Teknik.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(3): 88–93.
Claudya, Yenni. 2017. “Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Jalur Seleksi Masuk Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 02(03): 321–25.
Djudin, Tomo. 2018. “Analisis Prestasi Akademik Mahasiswa Lulusan Jurusan Pendidikan Mipa Fkip Untan Ditinjau dari Jalur Masuk (Snmptn, Sbmptn, Mandiri) dan Program Kuliah (S-1 Reguler, S-1 Percepatan Apk).” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9(2): 76–84.
El-Dairi, Mays, and Robert James House. 2019. “Optic Nerve Hypoplasia.” Handbook of Pediatric Retinal OCT and the Eye-Brain Connection: 285–87.
Erizon, Nelvi, Rodesri Mulyadi, and Delima Yanti Sari. 2021. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi Relationship of the Use of Video Learning Media To the Basic Learning Outcomes of Mechanical.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(3): 50–57.
Gofar, Nuni, Santi Marselina Napitupulu, and Yanti Rubiyanti. 2019. “Profil Karakter Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya Angkatan 2019 Berdasarkan Jalur Masuk Perguruan Tinggi.” Proceeding Indonesia Career Center Network Summit 2019 1(1): 185–93.
Handayani, Desi, Gustanti, and Dita Maretha. 2019. “Analisis Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang Berdasarkan Jalur Masuk.” Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis 12(2): 105–14. http://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/.
Hartono, Arief, and Sutopo Sutopo. 2018. “Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Kondisi Lingkungan Kerja terhadap Persepsi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin 3(2): 76–81.
Nurhasanah, Purwati, and Herlina Ahmad. 2015. “Pengaruh Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Papua (UNIPA).” Prosiding Seminar Nasional 03: 114–20.
Nurwidayanti, Dewi, and Mukminan Mukminan. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 5(2): 105–14.
Parhaini, Parhaini. 2017. “Pengaruh Asal Sekolah dan Jurusan terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Mataram.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 13(2): 191.
Primawati, Fazrol Rozi, and Eko Indrawan. 2015. “Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa yang Berasal dari SMK dengan SMA pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp.” : 16–17.
Qudratullah, Mohammad Farhan. 2014. “Pengaruh Jalur Penerimaan Mahasiswa dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.” Jurnal Fourier 3(1): 9.
Refdinal, Bulkia Rahim, and Budi Syahri. 2017. “Hubungan Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(3): 9–14.
Rofifah, Dianah. 2020. “Analisis Asal Sekolah terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 2(3): 12–26.
Suherman, Erman. 2001. “Strategi Pembelajaran Matematika.” In Bandung: JICA-UPI.
Sutamrin, and Sahid. 2015. “Perbedaan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa Jurusan Kimia Ditinjau dari Jalur Masuk.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 3(1): 472–74.
Trisnowati, Tatik, and Sri Lestari. 2016. “Analisis Perbedaan Asal Sekolah terhadap Waktu Kelulusan Mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin.” Jurnal Energi Dan Manufaktur 3(1): 1–12.