IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK BUBUT DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

  • Muhammad Abdi Nugraha Mahasiswa
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Siswa, Penggunaan, Augmented Reality, Teknik Bubut.

Abstract

Mata Pelajaran Teknik Bubut SMK Muhammadiyah 1 Padang memiliki permasalahan dalam proses belajar – mengajar, yaitu pada era Pandemi COVID – 19 semua proses pembelajaran dilaksanakan melalui daring, maka dari itu disini Penulis mengenalkan aplikasi Augmanted Reality dan ingin mengetahui tanggapan dari siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang. Keterbatasan penguasaan ilmu pengetahuan oleh siswa dikarenakan metode belajar yang diggunakan guru cenderung kepada ceramah sehingga menyebabkan siswa menjadi jenuh dan bosan, karena tidak adanya fasilitas pendukung yang baik. Metoda ini mengakibatkan siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Observasi ini dimaksudkkan untuk mengetahui anggapan siswa kelas XI dan XII tentang pemakaian Augmented Reallity (AR) untuk Bidang Studi Teknik Bubut di Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah 1 Padang. Observasi ini ditujukaan metoda deskriptif yang ditujukkan mendeskriptifkan secara sistematis, fakta dan akurat memakai fakta-fakta. Observasi ini dilaksanakan di bulan Agustus 2021 untuk siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah 1 Padang menggunakkan informan 30 siswa. Teknik sampel yang diggunakkan ialah total sampel yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII jurusan teknik mesin SMK Muhammadiyah 1 Padang sejumlah 30 siswa. Kesimpulan penelitian yang dilakukan pada 30 siswa diperoleh nilai pencapaian sebesar 92.5%. kesimpulan data tersebut dapat dirangkum bahwa anggapan siswa mengenai pemakaian Augmented Reallity untuk proses pembelajaran  pada mata pelajaran teknik bubut termasuk dalam kategori sangat baik.

 

References

Chandra, F. H., & Widyana, N. (2016). Augmented Reality Sebagai Implementasi Pemanfaatan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran. Jurnal Posiding, 151–158.

Hamdani, R., & Sondang Sumbawati, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital di Jurusan Teknik Informatika UNESA. Jurnal IT-EDU, 4(52), 153–161.

Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (AR) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya

Kepada Masyarakat. Jurnal Simetris, 8(2), 807–812.

Herminanto, S. (2000). Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk Memasuki Lapangan Kerja.

Kurniawan, I., & Maulana, M. R. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Hardware Multimedia Pada Matakuliah Sistem Multimedia di Stmik Widya PratamA Jurnal IC-Tech Vol . x No . 1 April 2015. IC-Tech, 10(1), 9–15.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Ossy Dwi, E. W., Zaini, & Bobby, B. (2013). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika, 13(1), 169–179.

Prasetya, F., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2020). Development design Augmented Reality-based jobsheet in CNC programming subjects. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 50–67.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick. Jurnal Invotek, 17(1), 73–80.

Rahim, B., & Adri, J. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38.

Riduwan. (2010). Dasar Dasar Statistika. In Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan.

Setiawan, E., Syaripudin, U., & Gerhana, Y. A. (2016). Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android. Jurnal Online Informatika, 1(1), 28. https://doi.org/10.15575/join.v1i1.8

Sudjana, N. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. https://doi.org/2008

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabet.

Syahri, B., & Syahrial. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Vomek, 2(2), 22–30.

Waskito, Masnur, A., & Erizon, N. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.

Yufrizal, & Salim, S. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri Se-Kota Padang. Vomek, 2(3), 30–36.

Yusuf Muri. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Submitted

2021-11-03
Accepted
2021-11-11
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
M. Nugraha, B. Syahri, W. Waskito, and P. Primawati, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK BUBUT DI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 6-10, May 2022.