PENGEMBANGAN JOBSHEET BERBASIS PRODUK

  • Wahyu Ananda Putra Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Azis Nabawi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Jobsheet, Efektivitas, Praktikalitas, Validitas

Abstract

Pengembangan media belajar yang baik dapat memotivasi dan membuat siswa lebih giat dalam belajar. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat media pembelajaran yang tidak memenuhi syarat, sehingga membuat sistem pembelajaran menjadi tidak efektif. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan jobsheet yang teruji kevalidannya, teruji kepraktisannya, dan teruji keefektifannya untuk digunakan pada mata diklat NC/CNC dan CAM. Penelitian pengembangan merupakan jenis penelitian yang akan dipakai. Dengan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap ADDIE ini mempunyai lima tahapan. Subjek penelitiannya ialah kelas XI TPM yang berjumlah 30 orang peserta didik. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Payakumbuh di semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data menggunakan lembar validitas, kuesioner kepraktisan dan posttest berupa soal objektif. Uji validasi yang didapatkan dari penilaian validator media adalah 0,890 dan penilaian dari validator materi adalah 0,846 dengan klasifikasi valid. Uji kepraktisan dari pendidik memperoleh tingkat 88,18% dengan klasififikasi sangat praktis dan uji kepraktisan dari jumlah siswa adalah 83,7% dengan klasifikasi juga sangat praktis. Uji keefektifan yang didapatkan setelah penggunaan jobsheet oleh peserta didik adalah 86,67% mencapai KKM sehingga jobsheet dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji validitas, uji kepraktisan serta uji keefektifan bahwasanya jobsheet sangat praktis, valid dan bisa meningkatkan hasil belajar.

References

Ambiyar & N. J. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Candra, Y. E., Yufrizal, A., Prasetya, F., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., & Tawar, K. A. (2019). Pengaruh Media Simulator CNC 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat CNC Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang The Influence Of The Media Simulator Cnc 2 Axis Against The Results Of The Study Eye Basic Cnc Training Students In Smk Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.

Fauzi, A. (2012). Manajemen Pembelajaran. deepublish.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Intan, N. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Dengan Menggunakan Software Adobe Flash Cs5 untuk Pembelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Aset Tetap di Kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun A. Universitas Negeri Yogyakarta.

Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Effectivity of The Cooperative-Project Based Learning ( CPjBL ) in Enhancing HOTS of Vocational Education Students. 1, 83–86.

Jaya, E. N., & Wakid, M. (2018). Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di Kelas XII. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 23(1), 34–44.

Mardayani, S., Syahril, S., & Rizal, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 9–15.

Massikki. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Praktek Instalasi Listrik pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar.

Nugraha, H., & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54.

Pavlova, M. (2009). Technology and Vocational Education for Sustainable Development: Empowering Individuals for The Future. Springer.

Pratama, D. W., Widjanarko, D., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Jobsheet Praktikum untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Perbaikan Sistem Continously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor. Automotive Science and Education Journa, 3(1), 1–5.

Ramadhan, H. A., Mulianti, Helmi, N., & Arwizet. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang Relations of Learning Media and Student Motivation on Learning Out- Comes for X Grade on Basic. 2.

Shalahuddin, M. (1986). Media Pendidikan Agama. Bina Islam.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara.

Triasih, D., & Hamidah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Jobsheet Variasi Produk Cake Kelas XI Patiseri Di SMKN 4 Yogyakarta. E-Journal Student Pendidikan Teknik Boga, 5(8), 9–15.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Utami, Y. G. D. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40–52.

Yufrizal, A., Indrawan, E., & Aziz, A. (2019). Improving Teacher ’ s In Developing & Analyzing Made Test Through Follow-Up At CNC Machine Training. October.

Submitted

2021-11-04
Accepted
2021-11-08
Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
W. Putra, Y. A, A. K, and R. Nabawi, “PENGEMBANGAN JOBSHEET BERBASIS PRODUK”, Vomek, vol. 4, no. 1, pp. 158-162, Feb. 2022.