MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG

  • Yandi Saputra Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Minat Belajar, Media Berbasis Internet, Teknik Pemesinan, Siswa, SMK

Abstract

Adanya internet dalam pendidikan membawa perubahan di proses pembelajaran. Internet di bidang pendidikan memberikan kontribusi yang besar kepada kemajuan pendidikan khususnya di Indonesia. Media di proses pembelajaran sangat dibutuhkan karena hakikatnya proses pembelajaran merupakan proses komunikasi yaitu penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Minat termasuk faktor intrinsik yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan fakta dilapangan sebagian siswa dalam proses belajar banyak yang bermain Game di sekolah dan sebagian siswa ada yang belajar dengan serius. Tujuan penelitian ini secara spesifik operasional diarahkan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa terhadap penggunaan media berbasis internet di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif penelitian deskriptif adaIah penelitian yang mendeskripsikan suatu gejala, fakta, peristiwa atau kejadian yang sedang/sudah terjadi. Populasi pada peneitian ini adalah keseluruhan siswa keIas XI teknik pemesinan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 62 orang. Penelitian ini menggunakan metode Skala Likert. Data diperoleh melalui pengadministrasian instrumen penelitian kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap penggunaan media berbasis internet didapatkan dengan tingkat kepuasan rendah 31 responden (50%) dan tingkat kepuasan tinggi 31 responden (50%) pada minat belajar siswa terhadap penggunaan media berbasis internet kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Negeri Padang.

 

References

Abdulhak, Ishak. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Ambiyar, Bulkia Rahim, and Arwizet K. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 1 Pariaman.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 1(1):8–14.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Azhari, Akyas. 2014. Psikologi Umum Dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Terajat.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Perananya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakrta: Bumi Aksara.

Hartono, Arief, and Sutopo. 2018. “Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Persepsi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja.” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin 3(2):76–81.

Jalinus, Nizwardi, and Rahmat Azis Nabawi. 2018. “Implementation of The PjBL Model to Enchance Problem Solving Skill Competency of Community College Student.” Jurnal Pendidikan Vokasi 7(3):304–11.

Jasman, Purwantono, Budi Syahri, and Rodiah Elfianti. 2018. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 5 Padang.” Ekonomi Akuntansi 03(04):13–18.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghali Indonesia.

Prasetia Danarjati, Dwi. 2014. Psikologi Pendidikan. Banda Aceh: Graha Ilmu.

Primawati, Ambiyar, and Devia Ramadhani. 2017. “Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick.” Jurnal INVOTEK 17(01):73–80.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D); Bandung: Alfabeta.

Sulistyo Nugroho, Adi. 2016. E-Commerce Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: EKUILIBRIA.

Susila, Rudi, and Riyana Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahid, Fathul. 2012. Teknologi Informasi Di Peguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Waskito, Nelvi Erizon, and Alkadra Masnur. 2016. “Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 4(3):90–95.

Submitted

2021-11-04
Accepted
2021-11-24
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
Y. Saputra, Y. A, P. Purwantono, and Z. Abadi, “MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS INTERNET KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 55-58, May 2022.