HUBUNGAN MOTlVASl BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PENDIDIKAN PROGRAM STUDl PENDlDlKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNlVERSlTAS NEGERl PADANG

  • Makobul Pasaribu Universitas Negeri Padang
  • Abd Aziz Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Media Pendidikan, Peserta Didik

Abstract

Media pendidikan  merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan  sehinga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Media dapat meningkatkan motifasi dari mahasiswa dalam proses pembelajaran baik dalam belar mandiri maupun dalam belajar kelompok. Tujuan penelitian mencari hubungan motivasi belajar dangan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Media Pendidikan.  Diharapkan dengan  Media pendidikan ini mahasiswa terdorong untuk percaya diri dalam melaksanakan proses pembelajaran khususnya sebagai seorang pendidik, dapat menyajikan materi pembelajaran yang menarik sehingga pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dapat melancarkan murid mengerti materi pelajaran yang diberikan gurunya tersebut. Mahasiswa diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan berbagai media pembelajaran yang efektif dan praktis dipakai pada kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian menjelaskan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar media pendidikan. Metode penelitian yang dipakai yakni kuantitatif korelasional untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel. Hasil dari penelitian ada hubungan positif  motivasi belajar terhadap hasil belajar media pendidikan semester Juli - Desember 2021. Melalui analisis korelasi product moment didapat nilai rhitung=0,459, sedangkan nilai rtabeI=0,2352  taraf signifikansi 5%. Ada hubungan yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin baik hasil belajar Media Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Media Pendidikan.

References

Afryansih. 2017. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Geografi Sman 5 Padang.” Jurnal Pendidikan 2(1).

Ambiyar, Wakhinuddin, and Rifdarmon. 2020. “Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 18(1): 113.

Hafizah. 2020. “Hubungan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Simulasi Komunikasi Dan Digital Siswa.” Jurnal Pendidikan 5: 49–55.

Hamdu, and Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).” Jurnal Penelitian Pendidikan.

Khairil, and Nelvi Erison. 2019. “Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Banda Aceh.” Jurnal Teknik Mesin 1(2).

Kiswoyowati. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa.” Jurnal Pendidikan 1(1).

Mulianti, Yasri, and Ambiyar. 2019. “Penerapan Video Media Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2(1): 31–39.

Mulyaningsih. 2014. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” 20(1).

Niki, and Refdinal. 2019. “Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 1 Padang.” (Juli): 805–11.

Ochta. 2020. “Pengaruh Pengajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Tarua Poltekip Tingkat Iii Manajemen Permasyarakatan.” Peteka (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran) 3(2): 73–84.

Prawiyogi, Purwanugraha, and Fahcry. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(1): 94–101.

Primawati. 2017. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome.” Invotek 17(I): 73–80.

Rahmat, Zakir, Ambiyar, and Nelvi Erison. 2016. “Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa SMK Muhamadiyah 1 Padang.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin: 11–40Saputra. 2021. “Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok.” Jurnal Pendidikan 3(1): 45–41.

Septatiningsih. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Agama ISlam 2(2): 131–35.

Setiawan. 2020. “Lembar Kegiatan Literasi Saintifik Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).” Jurnal Edukatif 2(2): 28–37.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D.” Jurnal Pendidikan 1(2): 407.

Suparno, and Bulkia Rahim. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.” Jurnal

Pendidikan 15(2): 84–92.

Syahri. 2020. “Relationship Level of Creativity With the Result of Subjects.” Jurnal Pendidikan 2(2).

Zamai. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri.” Resma 3(2): 13–22.

Submitted

2021-11-09
Accepted
2021-11-24
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
M. Pasaribu, A. Aziz, E. Indrawan, and B. Rahim, “HUBUNGAN MOTlVASl BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PENDIDIKAN PROGRAM STUDl PENDlDlKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNlVERSlTAS NEGERl PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 50-54, May 2022.