KONTRIBUSI GURU MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELARAJARAN PADA MATA DIKLATDASAR-DASAR MESIN KELAS X DI SMK PENERBANGAN (SPAN) PADANG

  • Vikri Resvi Pratama Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
Keywords: Kontribusi, Kreativitas, Dasar-dasar Mesin, Pembelejaran,Guru

Abstract

Kurangnya kontribusi guru dalam peningkatan kreativitas siswa pada proses pembelajaran mata diklat Dasar-dasar Mesin di SMK Penerbangan (SPAN) Padang.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kotribusi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa.Kontribusi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran pada mata diklat Dasar-dasar Mesin kelas X di SMK Penerbangan (SPAN) Padang. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Data pada penelitian ini dianalisis berdasarkan analisis deskripsi dan analisis statistik deskriptif menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini pada proses peningkatan kreativitas kontribusi guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran mata diklat Dasar-dasar Mesin dengan frekuensi 18 siswaberada pada kategori sangat baik dengan presentasi 45%, pada kategori baik dengan jumlah siswa 21 orang diperoleh persentasi 52,5% dan pada kategori cukup baik dengan jumlah 1 siswa diperoleh persentasi 2,5%.Untuk penerapan metode kontribusi guru pada mata diklat Dasar-dasar Mesin berada pada kategori sangat baik dengan frekuensi 24 siwa diperoleh persentasi 60 %, sedangkan pada kategori baik dengan frekuensi 13 siswa diperoleh persentase 32,5%  dan kategori cukup baik dengan frekuensi 3 siswa diperoleh persentase 7,5%. Untuk kreativitas siswa pada pembelajaran  mata diklat Dasar-dasar Mesin berada pada kategori sangat baik dengan frekuensi 15 siswa diperoleh persentase 37,5%, sedangkan kategori cukup baik dengan frekuensi 4 siswa diperoleh 10 %. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan bisa disimpulkan bahwa kontribusi guru dalam peningkatan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran pada mata diklat dasar-dasar mesin kelas X di SMK Penerbangan (SPAN) Padang berada pada kategori baik.

References

Alfaridh, D., Syahri, B., Yufrizal, A., & Nurdin, H. (2019). Kontribusi Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri ( Pli ) Terhadap Kesiapan Diri Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Ft - Unp Bekerja Di Dunia Industri Contribution of Industrial Field Experience To Students ’ Readiness in Mechanical Engineering Department F. 1(3), 9–17.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281

Khairil, & Erison, N. (2019). Hubungan Fasilitas Bengkel terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Teknik Mesin, 1(2).

Kiswoyowati. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Mulianti, Yasri, & Ambiyar. (2019). Penerapan Video Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 31–39.

Mulyaningsih. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 20(1).

Niki, & Refdinal. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Padang. Juli, 805–811.

Prawiyogi, Purwanugraha, & Fahcry. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101.

Primawati. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(I), 73–80.

Rahmat, Z., Ambiyar, & Erison, N. (2016). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa SMK Muhamadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11–40.

Saputra. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–41.

Septatiningsih. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama ISlam, 2(2), 131–135.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Jurnal Pendidikan, 1(2), 407.

Suyatno, Irzal, Jasman, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Student Perception of Teacher Teaching Skills and Student Attitudes in School Rules on School Learning Outcomes in Basic Welding Techn. Vomek, 2(1).

Uzen Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Elizabeth B. Hurlock. (2004). Perkembangan Anak.Jakarta:Erlangga.

Hamzah B. Uno. (2010).Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mohammad Ali. (2005).Psikologi remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Mohammad Surya. (2013). Psikologi Guru.Bandung: Alfabeta.

Moh. Uzer Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Risye Amarta. (2013). Pribadi Kreatif. Yogyakarta: Sinar Kejora.

Submitted

2021-11-16
Accepted
2021-11-24
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
V. Pratama, P. Purwantono, E. Indrawan, and B. Rahim, “KONTRIBUSI GURU MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELARAJARAN PADA MATA DIKLATDASAR-DASAR MESIN KELAS X DI SMK PENERBANGAN (SPAN) PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 46-49, May 2022.