KONTRIBUSI KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNP ANGKATAN 2018 PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGELASAN LOGAM
Abstract
Masih adanya mahasiswa yang kurang serius saat mengikuti perkuliahan serta sedikitnya minat juga motivasi untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, ini mencerminkan bahwa kurangnya kemandirian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Masih terdapat mahasiswa yang datang tidak tepat waktu dalam mengikuti perkuliahan. Tujuan Penelitian ini mengungkapkan seberapa besar kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif, ialah riset yang diartikan buat mengumpulkan data menimpa status sesuatu indikasi yang terdapat serta gejala yang ditemukan pada dikala riset dilakukan. Riset dicoba di tempat Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang berlokasi di Jl. Prof. Dr. Hamka No. 1, Air Tawar Barat, Padang Utara, Kota Padang. Riset dilaksanakanan saat Semester Januari – Juni 2021 dengan jumlah populasi dengan total populasi 76 mahasiswa dan sample 43 mahasiswa. Hasil penelitian untuk menguji kontribusi antara kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam menggunakan uji Validitas serta Reliabilitas diolah dengan software SPSS. Hasil akhir peniltian ini memiliki besar kontribusi antara kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam sebanyak 10.43% pada kategori rendah dan 89,57% terdapat faktor lain nan mempengaruhi hasil belajar. Secara keseluruhan bisa disimpulkan terdapat kontribusi antara kemandirian terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2018 pada mata kuliah Teknologi Pengelasan Logam sebesar 10.43%.
References
Afifal Nazri, Rafi, and Nofri Helmi. 2019. “Persepsi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Teknologi Mesin Perkakas, Workshop K.” Ranah Research 62(751):719–28.
Alfaridh, Dayu, Budi Syahri, Hendri Nurdin, and Yufrizal A. 2019. “Kontribusi Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri ( PLI ) terhadap Kesiapan Diri Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT - UNP Bekerja di Dunia Industri.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 1(3):9–17.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Egok, Asep Sukenda. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar 7(2):186–99.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakrta: Bumi Aksara.
Ikin Sugandi, Asep. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 2(2):144–55.
Irzal, Purwantono, Muhamad Fadel Pratama, and Remon Lapisa. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sumatera Barat The Effect of Learning of Student Facilitator and Explaining On Basic Learning Outcomes of MEC.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(4):102–8.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Musthofa, Mumammad Ulinnuha, Hary Suswanto, and Amat Nyoto. 2017. “Kontribusi Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, dan Prestasi Belajar Kompetensi Keahlian terhadap Kinerja PKL Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(11):1550–60.
Ningtiyas, Putri Wahyu, and Jun Surjant. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1660–68.
Purwantono, Nelvi Erizon, Jasman, and Reski Yanza. 2021. “Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam Mahasiswa Diploma III Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(2):82–89.
Purwantono, Primawati, Refdinal, and Alhamda Alif. 2022. “Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar pada The Relationship of Online Learning Dicipline with Learning Outcomes in Class X PDTM Subsjects at SMK Negeri 1 Padang.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(1):52–57.
Rahim, Bulkia, Irzal, Purwantono, and Hafizil Haq. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Fabrikasi The Effect of Using Power Point-Based Learning Media with Video AND.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(1):89–93.
Refdinal, Bulkia Rahim, and Budi Syahri. 2017. “Hubungan Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(3):9–14.
Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. 2015. “Hubungan antara Sikap , Kemandirian Belajar , dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Bioedukatika 3(2):15–20.
Setiawan, Agus, Rijal Abdullah, Risma Apdeni, and Nadra Mutiara Sari. 2017. “Kontribusi Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Matematika Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.” CIVED JURUSAN TEKNIK SIPIL 5(2):2201–5.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D); Bandung: Alfabeta.
Suhaeh, Sutarsih, and Ninik Rahayu Ashadi. 2020. “Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK pada Masa Pandemi.” Jurnal Media Elektrik 17(2):46–51.
Suhendri, Huri. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 1(1):29–39.
Wahyudi, Muhammad Arif, and Didik Nurhadi. 2018. “Kecerdasan Visual Spasial dan Kemandirian Belajar pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK.” Jurnal Teknologi Kejuruan 41(2):101–9.