PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH TEKNIK OTOMASI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Proses belajar mengajar Teknik Otomasi Industri proses belajar mengajar masih bersifat monoton belum adanya penggunaan media video tutorial penyampaian materi masih didominasi metode ceramah dan hanya berupa pemberian tugas, Penggunaan metode ceramah hanya efektif di menit-menit awal dimana jika waktu yang lama dapat mengakibatkan mahasiswa menjadi bosan, kurang termotivasi dalam menjalani pembelajaran. capaian penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Teknik Otomasi Industri dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Video Tutorial. Penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (CAR Classroom Action Research) Penelitian tindakan kelas yaitu penelitian tindakan yang dilaksanakan guna memperbaiki praktik pembelajaran yang ada di kelas dimana mengunakan test untuk pengambilan data dengan sampel 36 mahasiswa yang mengambil mata kuliah teknik otomasi industri. Hasil penelitian pada siklus I di dapat peserta didik kurang terbiasa dengan pelaksanaan penerapan media video tutorial tersebut, sehingga mengakibatkan nilai mahasiswa belum maksimal, dan pada saat siklus II di dapat adanya kenaikan prestasi belajar peserta didik selama pembelajaran, dimana dibuktikan dari hasil belajar mahasiswa yang mengalami kenaikan ketuntasan secara klasikal peserta didik. Dari penelitian yang mendapatkan hasil, Peningkatan prestasi belajar dilihat dari adanya kelulusan keseluruhan terdapat pada siklus I sebesar 75% dengan 27 mahasiswa yang tuntas meningkat dengan baik di siklus II berubah menjadi 94,4% dengan 34 mahasiswa yang tuntas dari total 36 mahasiswa dan dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). rosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Hapnita, W., Abdullah, R., Yualitas Gusmareta, & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 1–8.
Haryoko, S., & Nur, H. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Video Tutorial. 3, 1–23.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.
Jalinus, N., & Ambiyar, D. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Lestari, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Model Type Collaboration Mind Map Tentang Sifat Meknik Bahan Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lb. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(3), 111. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i3.5042
Miftahussurur, M., & Pramono, P. (2016). Peningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin Mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 16(1), 126234.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Oemar Hamalik. (1982). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Pasaribu, M. &, & Aziz, A. (2022). Hubungan Motlvasl Belajar Terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studl Pendldlkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Unlversltas Negerl Padang Relationship Of Motivation To Learn Towards The Results Of Learning Media Education Mechanical Englneerlng Ed. 4(2), 50–54.
Prabowo, A. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanurdi, S. &, Syahril, Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Media Video Tutorial Pada Pembelajaran Mata Diklat Bubut Untuk Smk. Vomek, 2(4), 80–87.
Savira, A. N., Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963
Suartini Supendi. (2018). Implemantasi Pasal 31 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Dalam Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Dan Perluasaan Akses Pendidikan. Sipendikum, 1(11), 8–22. https://semnas.unikama.ac.id/sipendikum/unduhan/publikasi/2018/300022555.pdf
Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Jepang, J. S., Budaya, F. I., Hatta, U. B., & Belajar, H. (2020). Relationship Level of Creativity With the Result of Subjects. 2(2).
Waskito dkk. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Peserta Didik Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.