TINJAUAN INDIKATOR POSITIF PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XII SMK NEGERI 2 PEKANBARU

  • Yogi Refvan Chaniago Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Tinjauan, Pembelajaran, Online, Teknik Pemesinan Bubut, Kelas XII SMK Negeri 2 Pekanbaru

Abstract

Peneliti telah melakuakan observasi pada Praktek Lapangan Kependidikan di SMK Negeri 2 Pekanbaru pada semester ganjil Juni–Desember tahun ajaran 2020/2021 pada Mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Pada Kurikulum 2013 Pemerintah Menetapkan untuk Pembelajaran Sekolah Menenga Kejuruan, 70% praktek dan 30% teori.Tetapi Pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut dilakukan secara online tentu kemampuan siswa untuk melakukan Praktek menjadi tidak efesien. Pelajaran yang seharusnya di lakukan secara tatap muka, kini berubah menjadi online, yang mengharuskan siswa memahami pelajaran tersebut tanpa ada praktek dilapangan. Sehingga kemampuan siswa pada praktikum Teknik Pemesinan Bubut tergolong rendah. Tujuan penelitian ini melihat Dampak Pembelajaran online pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XII SMK Negeri 2 Pekanbaru. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode Deskritif Kuantitatif. Teknik ananlisi data dalam penelitian ini yaitu dengan ananlisi data deskritif kuantitatif. Berdasarkan data diketaui bahwa jumlah populasi 69 siswa. Analisis data penelitian yang dilaksanakan terhadap 69 responden, yang memiliki 32 butir soal dari 8 item menunjukkan bahwa rata-rata indikator tentang tinjauan pembelajaran online 1401,49 ( 43,80% ) atau mean indikator 22,9 ( 23,04% ) dengan ketegori sedang. Dapat disimpulkan bahwa Tinjauan Pembelajaran Online dapat diketegorikan sedang. Hal ini menunjukan bahwa hal-hal atau kondisi yang banyak mempengaruhi siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru untuk Pembelajaran Online. Siswa sedikit antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring di Jurusan Teknik Pemesinan, Sehingga minat belajar bukanlah faktor utama yang menyebabkan timbulnya sikap negatif dari siswa pada saat proses pembelajaran online.

References

Ahmad Tanzeh dan Suyitno. (2006). Dasar-Dasar Penelitian. Lembaga Kajian Agama dan Filsafah (Elkaf).

Amirudin, Z. (2010). Staristik Pendidikan. Teras.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Dasopang, aprida pane ; M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Firdaus, B. syahri. (2021). Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru Analysis of Self-Regulated Learning on Student Learning Achievement of Engineering Drawing Subject At SMK Negeri 2 Pekanbaru. 3(4), 26–30.

Lisman, F., Primawati, P., Waskito, W., & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring Dari Perspektif Guru dan Siswa di SMK 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 72–76. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.179

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal IJIEM, 1(1), 29–36. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/download/5240/3088

Nugroho, A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi.

Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembiasaan Refleksi. JUMPA (Jurnal Masalah Pastoral), IV(1), 15–28.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.211

Rofifah, A. B. (2021). Pengaruh Sistem Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Selama Pandemi Covid-19 Di Mts Sa Ar-Rohman Blawirejo-Lamongan.

SARAHUTU, M. G. (2020). Covid-19 Skripsi. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma di Tengah Covid-19 Skripsi, 1 of 140.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

SUCI, W. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al- Islam di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus. Pendidikan Agama Islam.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020

Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah dari pada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242–248.

Submitted

2021-12-23
Accepted
2022-01-11
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
Y. Chaniago, B. Syahri, R. Refdinal, and R. Wulansari, “TINJAUAN INDIKATOR POSITIF PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XII SMK NEGERI 2 PEKANBARU”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 65-69, May 2022.