PENGARUH KONDISI BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI (STUDI FENOMENOLOGI PADA TIGA ANAK BROKEN HOME)
Abstract
Meningkatnya angka perceraian di Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung pada 2019 lalu sebanyak 480.018 kasus perceraian. Maka meningkat pula angka anak yang menjadi korban broken home. Anak broken home mengalami berbagai masalah yang menyebabkan menurunnya motivasi belajar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi belajar yang rendah pada anak broken home. Metode yang penulis gunakan pada penelitian adalah metode kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pribadi dengan teknis simak, rekam dan tulis. Dalam menentukan populasi, data diperoleh secara primer dari guru bimbingan konseling (BK). Sedangkan untuk teknik pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah anak dengan kondisi broken home memiliki bentuk-bentuk motivasi belajar yang rendah, seperti : malas untuk sekolah; sering tidak hadir tanpa keterangan; tidak mengerjakan tugas sekolah; tidur di kelas; mengganggu teman saat belajar; tidak mendengarkan arahan guru ketika belajar; anak ingin belajar hanya ketika didampingi orangtua saja; hasil ujian tengah semester yang rendah; tidak memiliki keinginan untuk terus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; serta nilai semester yang menurun dari semester sebelumnya.
References
Arwizet, K. (2021). the Relationship of Answering Testing and Learning Motivation With Learning Results in Statistics Coursesstudent Department of Mechanical Engineering State University of Padang. 3(1), 77–84.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Cut Nizar, N. (2021). Kekuatan Positive Reinforcement dalam Meningkatkan Perilaku Rawat Diri pada Pasien Skizofrenia. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 9(1), 30–34. https://doi.org/10.22219/procedia.v9i1.15678
Dewantara, K. H., & E-mail, S. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179. https://doi.org/10.15294/harmonia.v11i2.2210
Edi Satria et al. (2021). Hubungan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Hasil Melintang the Relationship of Learning Motivation During the Covid-19 Pandemic With the Learning Outcomes of Students of Class Xi Machinery Engineering Smk Negeri 1 Lembah Melintang. 3(4), 75–80.
Hafiza, S., & Mawarpury, M. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59–66. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1956
Hasbullah, Juhji, & Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 3(1), 17–24.
Herawati, H. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.
Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924
Ifdil, I., Sari, I. P., & Putri, V. N. (2020). Psychological well-being remaja dari keluarga broken home. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 35. https://doi.org/10.23916/08591011
Muklhis Aziz, O. : (n.d.). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh). In Jurnal Al-Ijtimaiyyah (Vol. 1, Issue 1).
Novianto, R., Zakso, A., & Salim, I. (2019). Analisis Dampak Broken Home terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 1–8.
Nurkumalarini, E. (2020). Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 254 Tinjauan Motivasi Belajar Siswa pada Keluarga yang Mengalami Perceraian (Broken Home) di Sekolah Dasar Negeri Jemur Wonosari 1. In SEJ (School Education Journal (Vol. 10, Issue 3).
Pasaribu, M., Aziz, A., Indrawan, E., & Rahim, B. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Relationship of Motivation to Learn Towards the Results of Leraning Media Education Mechanical Engineering ED. 4(2), 50–54.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212.
Solihat, I., Wikanengsih, & Alawiyah, T. (2019). Motivasi Belajar pada Siswa Broken Home Di SMP Negeri 2 Kersamanah Garut. Fokus, 2(4), 152–157.
Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.
Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13
Wulandri, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Empati, 8(1), 1–9.