PENERAPAN SOFTWARE INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR KELAS XI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

  • Yoga Andika Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Software Inventor, Penerapan, Hasil Belajar, Gambar Teknik Manufaktur, Media Pembelajaran.

Abstract

Pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur sering dilakukan menggunakan cara konvensional sehingga minat siswa dalam belajar tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menambah minat peserta didik dalam pembelajar dengan cara menerapkan software Inventor. Penelitian yang dilaksanakan  menggunakan metode kuantitatif Quasi Experiment design berfugsi untuk melihat hasil dari belajar peserta didik melalui pre-test maupun post-test kelas experiment dan juga kelas control. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Bukittinggi menggunakan metode Sampling Porpuse pada kelas XI jurusan Teknik Mesin. Pengujian pada uji hipotesis ini adalah uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai sig (2 tailed) pada kelas experiment dan  kelas control sebesar 0,000, yaitu ≤ 0,05. Kemudian diperoleh nilai dari thitung6,894. Sedangkan taraf signifikan ttabel0,05 dengan df sebanyak 60 diperoleh 2,65748. Dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel(6,894 > 2,65748). Pengujian dari nilai N-Gain yang diperoleh dari penerapan software Inventor sebesar 0,453 atau 45,3% yang berarti penerapan dari software Inventor efektif jika diterapkan karena nilai yang diperoleh dari rata-rata standard N-Gain yaitu 0,453 ≥ 0,30. Hasil analisis dari uji t dan uji nilai N-Gain,maka  diperoleh bahwa terdapat kenaikan signifikan  pada  hasil belajar peserta didik menggunakan software Inventor  dibandingkan dengan media konvensional. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa penerapan dari software Inventor efektif digunakan sebagai media dalam pembelajaran Gambar Teknik Manufaktur.

References

Andrean Emaputra, Mega Inayati Rif’ah, D. W. (2021). Pelatihan Perancangan Part 3 Dimensi dengan Autodesk Inventor. Abdimas Dewantara, 4(2), 12–23.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bahruddin, A. S. H. E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Dino Ardianto, Yufrizal A, Nofri Helmi, E. I. (2021). Efektivitas Penggunaan CNC Simulator untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XII SMK Negeri 1 Bukittinggi. VOMEK, 3(4), 62–67.

Drs.Syahrum, M.Pd & Des.Salim, M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citaputaska Media.

Lasinta Ari Nendra Wibawa. (2018). Merancang Komponen Roket 3D dengan Autodesk Inventor Professional 2017. Buku Katta, 2018.

Pratama, D. R., Ariyano, & Komaro, M. (2020). Development Of Multimedia Animation Based On Autodesk Inventor To Improve Generic Skills Of Science In Kinematic Aacceleration C

ourse. Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 73–79.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.

Rahim, B., & Adri, J. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah Dan Seminar Pada Pendidikan Vokasi. VoMek, 1(2), 39–48.

Refdinal, Suparno, Primawati, Arwizet K, Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. VOMEK, 2(2), 73–85.

Refdinal, et al Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tp Smk Negeri 1 Sungai Limau. 936–942.

Ristedikti. (2016). Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kelembagaan.Ristekdikti.Go.Id.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Swandi, H., Erizon, N., A. K. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran NC/CNC Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 2(4), 40–45.

Waskito. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Wibawa, L. A. N. (2018). Merancang Komponen Roket 3D dengan Autodesk Inventor Professional 2017. Solo: Bukukatta.

Yufrizal, A.Candra, Y. E., & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator CNC 2 Axis terhadap Hasil Belajar Mata Diklat CNC Dasar Siswa di SMK Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Submitted

2022-01-09
Accepted
2022-02-03
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
Y. Andika, R. Refdinal, H. Nurdin, and P. Primawati, “PENERAPAN SOFTWARE INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR KELAS XI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 97-102, May 2022.