PENGARUH FAKTOR TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENGELASAN SMAW DI SMK NEGERI 1 TANJUNG BARU
Abstract
Pembelajaran daring tentu tak terlepas dari peranan teknologi, teknologi berperan penting terhadap keberlangsungan pembelajaran daring. Akan tetapi peranan teknologi ini menimbulkan permasalahan tersendiri baik bagi siswa maupun pendidik. Permasalahan yang disebabkan faktor teknologi ini antara lain Handphone siswa yang sering bermasalah seperti memori penuh, lelet, bahkan ada siswa yang tidak mempunyai HandPhone, selanjutnya yaitu jaringan yang tidak stabil, kuota internet yang mahal dan juga kemampuan guru dalam menggunakan teknologi akan berperan terhadap kesuksesan pembelajaran daring ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan faktor teknologi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Pengelasan SMAW di SMK Negeri 1 Tanjung Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Mix Mhetod dengan menggunakan analisis koefesien t dengan populasi sebanyak 38 orang. Untuk mengolah data penelitian ini menggunakan uji koefesien t dalam menetukan apakah terdapat perbedaan signifikan faktor teknologi (X) terhadap hasil belajar (Y) . Sebelum melakukan uji kefesien t dilakukan pengujian pendahuluan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji linearitas dan uji normalitas. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, hasilnya rumusan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain yaitu faktor teknologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Serta didapat nilai koefesien t (R Squarie) sebesar 0,210, artinya faktor teknologi berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 21%.
References
Arikunto, S. (2010a). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Bulkia, R., Suparno, Erizon., N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi Development of Cooperative Model of Jigsaw Type Model Learning in. Vomek, 1(2), 49–54.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Hutapea, L. S. (2020). Instrumen Penilaian Pengembangan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Bermuatan Blended Learning Untuk Siswa Smp/Mts. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 7(2).
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579
Kuntarto E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.176
Munandar, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Sumatera Barat. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2106–2112. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9929
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Rahim, B., Suparno, S., & Junil Adri, J. A. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1123
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
Rohman, M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di Smk Dharma Siswa 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(01), 251090.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Selwyn, N. (2011). Education and Technology Key Issues and Debates. Replika Press Pvt Ltd.
Siti Komariyah, A. F. N. L. (2018). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan RND (Bandung). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.
Suyatno, Irzal, Jasman, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Student Perception of Teacher Teaching Skills and Student Attitudes in School Rules on School Learning Outcomes
in Basic Welding Techn. Vomek, 2(1).
Yani, A. (2008). Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Indonesia. Rajawali Pers.