HUBUNGAN FASILITAS BENGKEL TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN

  • Muhammad Riski Hidayat Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Yolli Fernanda Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Fasilitas Bengkel, Minat, Belajar PDTM, SMK Negeri 5 Padang

Abstract

Fasilitas  bengkel  ialah  salah  satu  faktor  yang diperhatikan  guna  mengembangkan  ilmu siswa, kurangnya alat yang ada di workshop membuat peralatan yang tidak layak untuk digunakan secara maksimal, dari  permasalahan tersebut dapat membuat siswa kelas X kebetulan siswa baru belum mengenal tentang alat workshop di sekolah, yang membuat tidak cukupnya minat siswa dalam menjalani pembelajaran terutama pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin yang berkaitan langsung oleh bengkel yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk megetahui hubungan alat bengkel dengan minat belajarr siswa pada Mata Pelajaran Basis Perancangan Teknik Mesin. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa data dapat diketahui hubungan fasilitas bengkel Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang tentang minat belajar siswa pada mata diklat Pekerjaan Dasar Teknik Mesin mengenai pembelajaran PDTM diperoleh informasi bahwa hubungan fasilitas terhadap minat belajar pada seluruh indikator didapatkan rata-rata sebesar 83,98% dikategorikan baik. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, nilai hubungan dari hasil data angket dengan sampel sebanyak 67 responden didapatkan 24 item pernyataan dengan skor 1-4, persentase responden sebesar 83,98%. Hubungan Fasilitas dengan minat belajar mengenai pembelajaran PDTM dapat dikategorikan Cukup dengan melihat hasil persentase dari capaian responden yang di dapat melalui angket.

 

References

Aisyah, M. A. (2018). Pendidikan karakter. In Informasi (Issue 100, p. 273).

Anwar, K., & Erizon, N. (2019). Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Pengelasan Smk Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 1–6. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.29

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Edi Satria et al. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hasil Melintang the Relationship of Learning Motivation During the Covid-19 Pandemic With the Learning Outcomes of Students of Class Xi Machinery Engineering Smk Negeri 1 Lembah Melintang. 3(4), 75–80.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. UIN-Malang Pers.

Muharir , Arwizet Yufrizal A, P. (2021). Hubungan Ketersediaan Fasilitas Bengkel Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Las Oksi-Asetilin Welding Kelas Xi Jurusan Teknik Mesin Di Smk Negeri I Kota Jantho Relationship Of The Ability Of Workshop Facilities With Learning Result On The Eyes Of Oxy-Ac. 3(2), 64–68.

Nababan, D. (2012). Hubungan Antara Fasilitas Bengkel Bangunan Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Balajar Praktek Batu Pada Siswa Kelas Xi Program Keahlian Konstruksi Batu Dan Beton Smk Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013. Universitas NegerI Medan.

Pradika, S. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa pada Fasilitas Bengkel dan Minat terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Praktek Las Dasar Kelas X di Jurusan Mesin SMK Muhammadiyah Prambanan. Lumbung Pustaka UNY (UNY Repository), 5, 1–10.

Ramadhan, M. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2013). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK

Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan Kompetensi yang Dibutuhkan di Dunia Kerja. Jurnal PenSil, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jpensil.v2i1.7282

Ramadhan, M. T. (2009). Pengaruh Kelayakan Fasilitas Bengkel Dan Prestasi Teori (Influence Of Advisability Workshop And Machining Theory Achievment On Lathe Practice Achihievment). Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 3(2), 1–7.

Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2016).

Ritonga, S. (2012). Hubungan Kemampuan Membaca Gambar Teknikdengan Hasil Praktek Pemesinan Siswa Tingkat Ii Kopetensi Keahlian Teknik Mesin Perkakasdi Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2011/2012. Universitas Negeri Medan.

Saputra, E. K., Erizon, N., Jasman, J., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.187

Sitompul, R. (2012). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Autocad Pada Siswa Kelas Xi Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Repository, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Widya, A D I Pendidikan, Jurnal Volume, Dasar, April, 29–39.

Tangkilisan, G., Oroh, S. G., & Soegoto, A. S. (2014). Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya terhadap Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah di SMK N 1 Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 269–277.

Waskito dkk. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Peserta Didik Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Submitted

2022-01-13
Accepted
2022-02-13
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
M. Hidayat, I. Irzal, Y. Fernanda, and Z. Abadi, “HUBUNGAN FASILITAS BENGKEL TEKNIK MESIN SMK NEGERI 5 PADANG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 130-134, May 2022.