FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU

  • Ronaldi Ronaldi Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
Keywords: Faktor, Minat Siswa, Pemilihan Jurusan, Teknik Pengelasan, SMK Negeri 1 Sungai Limau.

Abstract

Pendidikan memiliki kedudukan untuk menambah kualitas sumber daya manusia (SDM. Setiap siswa memiliki minat tersendiri dalam pemilihan jurusan, siswa juga memiliki pertimbangan tersendiri sebelum memilih jurusan. Belum lagi biaya sekolah yang dikeluarkan oleh orang tua. Untuk sekolah menengah kejuruan yang terletak di perkampungan, minoritas masyarakat bekerja sebagai petani dengan pendapatan yang minim, biaya pendidikan sekolah menengah kejuruan yang cukup tinggi, bagi masyarakat. Jurusan Teknik Pengelasan terdapat di SMK Negeri 1 Sungai Limau. Hanya ada 5 siswa yang berminat pada Jurusan Teknik Pengelasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat siswa terhadap pemilihan Jurusan Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Sungai Limau. kurangnya minat siswa dalam memilih jurusan tersebut dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi siswa. Peneliti memakai analisis deskriptif data memanfaatkan regresi sederhana dan regresi ganda. Pada hasil penyebaran angket siswa didapatkan bahwa persentase tabulasi angket pada indikator perhatian sebesar 81%, kesenangan sebesar 83% dan kemauan sebesar 79% bahwa ketiga indikator tersebut sangat berpengaruh dalam pemilihan jurusan teknik las pada SMK Negeri 1 Sungai Limau. Dalam hasil wawancara yang dilakasanakan dengan guru mata pelajaran Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Sungai Limau diketahui bahwa pemilihan jurusan teknik las memang berdasarkan kemauan, kesenangan dan perhatian siswa serta peran sekolah dalam memajukan sekolah atau departemen kepada siswa. Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemelihan jurusan teknik pengelasan memang berdasarkan pada kemauan, kesenangan dan perahtaian siswa serta peran sekolah dalam mempromosikan sekolah atau jurusan kepada siswa.

References

Amri, Sofan. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Apriana, Heryati, and Ira Permatasari. 2020. “Memotivasi Masyarakat Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Kelurahan Kertapati Palembang.” Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 81–87.

Arikunto, Suharsimi. 2002. “Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.” In Rineka Cipta.

Bahauddin, Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Firdaus, Budi Syahri, Remon Lapisa, and Zainal Abadi. 2021. “Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa Di Smk Negeri 2 Pekanbaru Analysis of Self-Regulated Learning on Student Learning Achievement of Engineering Drawing Subject At Smk Negeri 2 Pekanbaru.” 3(4): 26–30.

Fitry, R. I., Jalaludin, J., & Zulyanty, M. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.” UIN Sultan Thasa Saifuddin Jambi.

Hidayat, A., & Machali, I. 2012. Engelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah.

Jasman dkk. 2018. “Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Mata DiklataGambar Teknik Di SMK Negeria5 Padang.”

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. jakarta: Rineka Cipta.

Mukhtar, Erna Widodo &. 2000. Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avirouz.

Notoadmodjo. 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128.

Ridwan, M. 2020. 2 Ersepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Media Pendidikan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang.

Rinja Efendi, S.Pd.I., M.Pd, Asih Ria Ningsih, S.S.,

M.Hum. 2020. Pendidikan Karaktek Di Sekolah. Pasuruan: Cv.Penerbit Qiara Media.

Rodiah Elfianti, Jasman, Purwantono, Budi Syahri. 2021. “Persepsi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang.” Vomek 3(4): 13–18.

Salim, Syaiful, Yufrizal, Ambiyar, and Yolli Fernanda. 2020. “Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 2(3): 30–36.

Saputra, Eko Kurnia, Nelvi Erizon, Jasman Jasman, and Eko Indrawan. 2021. “Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 3(1): 45–51.

Suhendra, Bobby. 2013. “Memanfaatkan Regresi Sederhana Dan Regresi Ganda. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Mememilih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Di Pekanbaru (Studi Kasus Stikes Payung Negeri Pekanbaru).” Universitas Riau.

Wahidmurni. 2017. Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang.

Wahyuni, Sri, and Leo Agung. 2018. “Perkembangan Pendidikan Di Negara Jepang Pasca Perang Dunia II Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNS.” Jurnal Candi 18(2): 921–46.

Submitted

2022-01-31
Accepted
2022-02-09
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
R. Ronaldi, B. Syahri, and P. Purwantono, “FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 125-129, May 2022.