PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Fadhil Naufan Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Rahmat Azis Nabawi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Modul Praktikum, Validitas, Praktikalitas, Model ADDIE

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI Teknik Pemesinan yang dipakai sebelumnya masih belum sesuai dengan isi kompetensi dasar dari silabus Teknik Pemesinan Bubut kelas XI, sehingga membuat proses pembelajaran menjadi belum efektif dan optimal. Tujuan penelitian ini mengembangkan media belajar berbentuk modul pembelajaran di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menerapkan model pengembangan R&D pada bidang pendidikan sesuai dengan acuan model ADDIE yang dilaksanakan pada TA 2021/2022. Langkah model ADDIE meliputi langkah atau tahapan yang meliputi, tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian diperoleh dengan memakai lembar validasi dan kuesioner. Analisis data yang dipakai berupa statistik deskriptif kuantitatif yaitu mengkaji data dengan cara menjabarkan data yang terkumpul. Hasil penelitian pengembangan modul ini dinyatakan layak untuk dipakai sebagai media belajar mandiri bagi peserta didik, berdasarkan hasil validitas dari ahli materi memperoleh nilai akhir V sebesar 0,873 dan ahli media sebesar 0,955 dengan kriteria valid. Sedangkan untuk hasil uji praktikalitas modul pembelajaran ini memperoleh predikat sangat praktis dipakai sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik, atas penilaian praktikalitas penggunaan modul dari guru memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 92,37%, dan peserta didik sebesar 86,08% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI Teknik Pemesinan yang dikembangkan ini sangat praktis dipakai sebagai media belajar mandiri tambahan bagi peserta didik.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Candra, Y., A, Y., Irzal, & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang the Influence of the Media Simulator Cnc 2 Axis Against the Results of the Study Eye Basic Cnc Training Students in Smk Negeri 5 Padang. 1(1), 15–19.

Dharma, S. (2008). Penulisan Modul. Penulisan Modul, 98(1), 158–161.

Firdausi, A., & Barnawi. (2012). Profil Guru SMK Profesional. Ar-Ruzz Media.

Fornandes, B., A, Y., Prasetya, F., & Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51.

Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDNDuri Kepa 17 Pagi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 1–8.

Handayani, M., D. (2020). Mendukung Kualitas Pembelajaran Melalui Sekolah Aman dan Menyenangkan. Puslitjak Kemendikbud.

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2).

Hasan, M., D. (2013). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Jalinus, N., & Ambiyar, D. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Khardin, A., Suparn, Primawati, K, A., Refdinal, & Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 73–85.

Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.

Purwanto., Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Depdiknas, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Rifelino, Rahim, B., & Indrawan, E. (2021). Optimization of CNC Turning Parameters Using Taguchi Method. Teknomekanik, 4(1), 42–48.

Rorimpandey, A., Palapa, T. M., & Maramis, A. A. (2017). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains, Matematika & Edukasi, 5(1), 69–75.

Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6), 218–224.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Qodir, A. (2019). Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMK Pelita Ciampea. Jurnal Ilmiah Edutecno, 2(17), 1–12.

Zulhaini,. Halim, A, & M. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(4), 180–190.

Submitted

2022-02-04
Accepted
2022-02-09
Published
2022-05-02
How to Cite
[1]
F. Naufan, R. Rifelino, P. Purwantono, and R. Nabawi, “PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 4, no. 2, pp. 118-124, May 2022.