EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN KELAS X TPM SMK NEGERI 1 BUKITINGGI
Abstract
Pelajaran Dasar Perencangan Teknik Mesin seringkali disebut sukar dari siswanya dikarenakan membuat bosan serta sukar dipahami akibat penjelasan materinya yang kurang begitu menarik. Sehingga, dibutuhkan media pengajaran guna memaksimalkan kegiatan pembajaran. Tujuan atas kegiatan meneliti ini yakni berkeinginan melakukan pengukuran keefektivitasan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Metode yang dipakai yakni kuntitatif dan berjenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi didalam peneltian ini yakni siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Bukittinggi mencakup dua kelas yang mana jumlahnya dari 2 kelas yang mana berjumlah 72 orang siswa. Sementara sampel penelitiannya yakni 42 orang siswa. Data yang diinginkan pada kegiatan meneliti berikut yakni data yang berbentuk hasil anket. Instrument yang digunakan berbentuk angket penelitian yang disusun dengan model skala liket. Berdasarkan pengolaan data didapati bahwa tingkkat efektivitas media pembelajaran berbasis Microsoft powerpoint didapatkan sebanyak 25 orang responden (59.53%) menyatakan efektif (Tinggi), sedangkan 17 orang responden (40.47%) menyatakan rendah terhadap mata pelajaran dasar perancangan tenik mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi.
References
Ade, Koesnandar. 2004. Unsur-unsur Pokok dalam Penelittian Kualitas Program Multimedia. Jakarta : Pustekkom
Aji, Suprianto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Salemba Empat Jakarta.
Andi.2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Ariani, Niken. 2010. Pembelajaran Multimedia Di Sekoklah. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.8 34
Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran.Jakarta: Raja Wali Press.
Arsyad, Azhar. 2011. Medi Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar.2016. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Emputri, Y., & Arwizet, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman the Application of Model Learning Project Based Learning for Increase Activities and Learning Outcomes Engineering. 1(1).
Hamalik, Oemar.1986.Media Pendidikan.Bandung: Alumni.
Hamalik, Oemar 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Primawati. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome.
Rahim, B., Suparno, S., & Junil Adri, J. A. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1123
Rifdarmon, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 113. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1 600
Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabe
Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Jepang, J. S., Budaya, F. I., Hatta, U. B., & Belajar, H. (2020). RELATIONSHIP LEVEL OF CREATIVITY WITH THE RESULT OF SUBJECTS. 2(2).