EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN KELAS X TPM SMK NEGERI 1 BUKITINGGI

  • Ridhatul Arif Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Yolli Fernanda Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektivitas, Media, Microsoft Powerpoint, Dasar Perancangan Teknik Mesin, SMK Negeri 1 Bukittinggi

Abstract

Pelajaran Dasar Perencangan Teknik Mesin seringkali disebut sukar dari siswanya dikarenakan membuat bosan serta sukar dipahami akibat penjelasan materinya yang kurang begitu menarik. Sehingga, dibutuhkan media pengajaran guna memaksimalkan kegiatan pembajaran. Tujuan atas kegiatan meneliti ini yakni berkeinginan melakukan pengukuran keefektivitasan pemanfaatan  media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint. Metode yang dipakai yakni kuntitatif dan berjenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi didalam peneltian ini yakni siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Bukittinggi mencakup dua kelas yang mana jumlahnya dari 2 kelas yang mana berjumlah 72 orang siswa. Sementara sampel penelitiannya yakni 42 orang siswa. Data yang diinginkan pada kegiatan meneliti berikut yakni data yang berbentuk hasil anket. Instrument yang digunakan berbentuk angket penelitian yang disusun dengan model skala liket. Berdasarkan pengolaan data didapati bahwa tingkkat efektivitas media pembelajaran berbasis Microsoft powerpoint didapatkan sebanyak 25 orang responden (59.53%) menyatakan efektif (Tinggi), sedangkan 17 orang responden (40.47%) menyatakan rendah terhadap mata pelajaran dasar perancangan tenik mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi.

References

Ade, Koesnandar. 2004. Unsur-unsur Pokok dalam Penelittian Kualitas Program Multimedia. Jakarta : Pustekkom

Aji, Suprianto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Salemba Empat Jakarta.

Andi.2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Ariani, Niken. 2010. Pembelajaran Multimedia Di Sekoklah. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Verawardina, U. (2018). Need Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 48. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.8 34

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran.Jakarta: Raja Wali Press.

Arsyad, Azhar. 2011. Medi Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar.2016. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emputri, Y., & Arwizet, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman the Application of Model Learning Project Based Learning for Increase Activities and Learning Outcomes Engineering. 1(1).

Hamalik, Oemar.1986.Media Pendidikan.Bandung: Alumni.

Hamalik, Oemar 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Primawati. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome.

Rahim, B., Suparno, S., & Junil Adri, J. A. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i2.1123

Rifdarmon, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 113. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1 600

Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabe

Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Jepang, J. S., Budaya, F. I., Hatta, U. B., & Belajar, H. (2020). RELATIONSHIP LEVEL OF CREATIVITY WITH THE RESULT OF SUBJECTS. 2(2).

Submitted

2022-04-21
Accepted
2022-05-29
Published
2022-08-31
How to Cite
[1]
R. Arif, N. Erizon, and Y. Fernanda, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN KELAS X TPM SMK NEGERI 1 BUKITINGGI”, Vomek, vol. 4, no. 3, pp. 12-19, Aug. 2022.