PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENGELASAN MIG DAN TIG PADA SAMBUNGAN I BAWAH TANGAN
Abstract
Pengembangan media video mampu mempermudah mahasiswa memahami keahlian dasar dan memperoleh pengetahuan yang dapat diberikan bertahap, serta menarik karena diinovasikan dalam bentuk pengembangan media berbentuk video. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media video pembelajaran yang dapat digunakan dalam perkuliahan dengan materi Teknik Pengelasan MIG dan TIG. Pengembangan produk media video pembelajaran ini dengan mengaplikasikan teknik penelitian dan pengembangan (Research and Development) Model ADDIE. Penelitiaan ini dilakukan di tahun ajaran 2022/2023. Pengembangan produk ini memiliki beberapa tahapan sesuai model ADDIE seperti tahap analisis, tahap design, tahap develope, dan tahap evaluation. Penelitian ini mengembangkan produk berupa media video pembelajaran yang dapat digunakan sesuai dengan materi pembelajaran Teknik Pengelasan MIG Dan TIG Pada Sambungan I Posisi Bawah Tangan. Hasil uji yang dilaksanakan oleh ahli materi memperoleh nilai 80 dan ahli media dengan nilai 80 serta uji praktikalitas oleh 20 mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang dengan nilai akhir 91,19. Dengan perolehan tersebut maka produk yang dihasilkan bisa dijadikan media belajar.
References
Ahyar, Hardani, dkk ,. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Universitas Sebelas Maret
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayuliandari, Friska, And Ike Sylvia. 2022. “Efektivitas Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Sosiologi Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik Pada SMAN 12 Merangin.” 1:113–17.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Pendting Dalam Mencapai Indikator. Yogyakarta: Gava Media.
Erdi, Putri Nurhalimah, Nelvi Erizon, And K. Arwizet. 2019. “Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Smk Semen Padang.” 1(2):30–38.
Jalinus, Nizwardi, And Ambiyar. 2016. “Media Dan Sumber Belajar.” Jakarta : Kencana 219.
Mulyatiningsih, Endang. N.D. Terapan Riset.
Naufan, Fadhil, Rifelino Rifelino, Purwantono Purwantono, And Rahmat Azis Nabawi. 2022. “Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Sumatera Barat.” Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek) 4(2):118–24. Doi: 10.24036/Vomek.V4i2.368.
Rahim, Bulkia. 2013. “Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 2 Solok.” 7.
Rahim, Bulkia, Junil Adri, And Suparno Suparno. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah Dan Seminar Pada Pendidikan Vokasi.” Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek) 1(2):39–48. Doi: 10.24036/Vomek.V1i2.64.
Sadiman, Arief S. 2009. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Vol. 14. Jakarta: Rajawali Press.
Saputro, Budiyono. 2016. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
Suyono. 2011. Belajar Dan Pembelajaran : Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syahmaidi, Eril, And Hendra Hidayat. 2016. “Praktikalitas Perancangan Media E-Learning Berbasis Video.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 5(2):87. Doi: 10.23887/Janapati.V5i2.9858.
Syahril. 2012. Penerapan Job Sheet Lengkap Mata Kuliah Pemesinan Mahasiswa Angkatan 2012. Jurusan Teknik Mesin FT. Universitas Negeri Padang.
Trilling, Bernie, And Charles Fadel. 2009. “Bernie Trilling, Charles Fadel-21st Century Skills_ Learning For Life In Our Times -Jossey-Bass (2009).” Journal Of Sustainable Development Education And Research 2(1):243.
Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra. 2008. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.