PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK NEGERI 1 PADANG

  • Sayyid Rasyid Habibie Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal Yufrizal Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Video Tutorial, CNC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh  video tutorial materi CNC (Computer Numerical Control) terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, yang digunakan untuk mengungkapkan pengaruh suatu tindakan terhadap tindakan lainnya dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padang yang terletak di Jl Mahmud Yunus Anduring. Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Sampel untuk penelitian dipetik pada dua kelas yaitu, kelas XI TP-A dan XI TP-B. Teknik pengumpulan data meliputi pengambilan tes dan pencatatan siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil  penelitian ini dinyatakan sebagai persentase hasil belajar yang diberikan peserta didik setelah memakai media video pembelajaran. Berdasarkan hasil setelah pengujian, rata-rata prestasi belajar siswa kelas kontrol adalah 74,03 dengan nilai teratas 88 dan terbawah 53, sedangkan rata-rata hasil belajar dari peserta didik kelas eksperimen adalah 81,30. 3 pertemuan dalam 3 minggu. Berdasarkan pembahasan, disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dengan video tutorial  berdampak baik terhadap perkembangan nilai belajar siswa.

References

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. In Jakarta : Gaung Persada Press (pp. 1–195).

Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. In Jakarta : Kencana.

Kautsar, S., Rosdiana, E., Widiawan, B., Setyohadi, D. P. S., Riskiawan, H. Y., & Firgiyanto, R. (2020). Farming Bot: Precision Agriculture System in Limited Land Based on Computer Numerical Control (CNC). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 411(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/411/1/012059

Manisha, H., Sonia, J., Shashikiran, S., Yuvarajan, S., Rekha, P. D., & Sudhakara Prasad, K. (2022). Computer numerical control-printed paper electrodes for electrochemical detection of Pseudomonas aeruginosa virulence factor pyocyanin. Electrochemistry Communications, 137(March), 107259. https://doi.org/10.1016/j.elecom.2022.107259

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.355

Prabowo, A. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta.

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Yang menarik dan Menyenangkan. In Yogyakarta : Diva Press (pp. 1–419).

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Bandung: Alfabeta (p. 51).

Rusman, R. (2012). Model-model Pembelajaran. In Depok : PT Rajagrafindo Persada (pp. 1–434).

Sanurdi, S., Syahril, Erizon, N., & Nabawi, R. A. (2020). Media Video Tutorial pada Pembelajaran Mata Diklat Bubut untuk SMK. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(4), 80–87.

Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 528–539.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In ALFABETA (p. 14).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta (p. 305).

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In PEDAGOGIA (pp. 1–265).

Susanti, S., Nurdin, H., Nabawi, R. A., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Pembelajaran, M., Tutorial, V., & Belajar, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(3).

Submitted

2022-07-28
Accepted
2022-08-11
Published
2022-08-31
How to Cite
[1]
S. Habibie, Y. Yufrizal, P. Purwantono, and H. Nurdin, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK NEGERI 1 PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 3, pp. 67-72, Aug. 2022.