HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PENGELASAN SMAW DI SMK NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH
Abstract
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dari peserta didik yang dapat menentukan keberhasilan belajar. Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar peserta didik kelas XI TP-I dan XI TP-II Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh sangat rendah. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antar motivasi belajar pada hasil belajar teknik las SMAW di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Populasi penelitian ini berjumlah 39 peserta didik yang merupakan seluruh peserta didik kelas XI TP di SMK Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 39 peserta didik kelas XI TP-I dan II dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total-sampling. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya . Teknik analisis yang dipakai ialah teknik pra analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis yang dipakai ialah teknik korelasi Produk Moment. Menurut hasil penelitian uji korelasi didapatkan nilai koefisien sebesar r 0,088 dengan taraf persentase 5% atau 0,05. Artinya, hubungan yang diberikan berdampak positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar. Ditunjukan semakin besar motivasi belajar peserta didik, maka akan semakin besar dampak hasil belajar peserta didik berikan.
References
Ambiyar, Randa Avito Yasri, and Mulianti. 2019. “Penerapan Video Media Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding.” 2(1).
Amna, Emda. 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5.
Edi, Riadi. 2016. Statistika Penelitian. edited by Prabawati Arie. Jakarta: Cv. Andi Offset.
Fortuna, Aprilla, Aprizal Saputra, Amri Ramadhan, Febri Prasetya, Primawati Primawati, and Detty Rahmadhani. 2022. “Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material.” Pp. 1–8 in Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII.
Irmawati. 2022. “Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMP Pesantren Putri Yatama Kbupaten Gowa.” Muhammadiyah Makassar.
Jaenudin, Riswan, and Dewi Koryati. 2017. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang.” Jurnal Profit 4:1–11.
Kusnadi, Edi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta : Ramayana Press dan STAIN Metro: Jakarta : Ramayana Press dan STAIN Metro.
Marlina, Leni, and Solehun. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.” Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(1):66–74.
Meuthia, Rizky, Alfiati Syafina, and Sy Habibah. 2017. “Hubungan Motivasi Bealajr Dengan Hasil Belajar Siswa Daam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Ceuceu Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2:61–77.
Prasetya, Febri, Budi Syahri, Bayu R. Fajri, Fadhli Ranuharja, Aprilla Fortuna, and Amri Ramadhan. 2021. “Improved Learning Outcomes of CNC Programming through Augmented Reality Job Sheet Learning Media.” Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 21(3):221–33.
Raihan. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Sardiman. 2018. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 1st ed. Jakarta: Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiyono. 2018a. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2018b. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta: Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan Ke-9. Jakarta: Jakarta : Bumi Aksara.
Suparno, and Bulkia Rahim. 2017. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.” Pakar Pendidiakan 15(2):84–92.
Supriadi, Gito. 2021. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syafi’i, Mohammad. 2021. “Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus Dan Aljabar Di Kelas XI IPA SMA.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(01):65–74.
Waskito, Nelvi Erizon, and Alkadra Masnur. 2016. “Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok.” Pendidikan Teknik Mesin.
Wyn, Ni, Dian Pratiwi, I. G. A. Agung Sri Asri, and M. G. Rini Kristiantari. 2018. “Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa.” International Journal of Elementary Education 2(3):192–201.