PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN

  • Muklis Muklis Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pendidikan, Augmented Reality, Teknologi Pemesinan

Abstract

Kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara lancar apabila diiringi dengan ketersediaan media pembelajaran yang tepat. Pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Pemesinan memerlukan kegiatan praktik secara langsung, contohnya dalam memahami penggunaan mesin bubut. Situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mendesak perguruan tinggi agar mampu melangsungkan perkuliahan melalui kegiatan daring. Hal ini menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami penggunaan mesin bubut. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan media pembelajaran bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2021 pada mata kuliah Teknologi Pemesinan melalui pemanfaatan media interaktif Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan jenis pengembangan Plomp. Penelitian dilangsungkan di Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Subyek penelitian adalah 45 orang mahasiswa jurusan DIII Teknik Mesin angkatan 2021. Berdasarkan pengujian validasi oleh ahli materi terhadap pengembangan aplikasi Augmented Reality pada mata kuliah Teknologi Pemesinan memperoleh nilai sebesar 90,2% yang berarti sangat valid. Pengujian validasi oleh ahli media menghasilkan penilaian sebesar 92,8% yang berarti sangat valid. Pengujian validasi oleh ahli bahasa menghasilkan penilaian sebesar 82,5% yang berarti sangat valid. Pengujian praktikalitas yang dilakukan oleh dosen terhadap pengembangan aplikasi Augmented Reality pada mata kuliah Teknologi Pemesinan menunjukkan hasil sebesar 87,5% yang berarti bahwa pengembangan aplikasi Augmented Reality sangat praktis. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh mahasiswa menunjukkan persentase nilai sebesar 93,1% yang berarti sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan sangat valid dan sangat Praktis dan layak untuk digunakan.

References

Ambiyar, A. et al. (2020) ‘Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa’, Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), pp. 125–138.

Aripin, I. (2018). Konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01-09..

Cieza, E. and Lujan, D. (2018) ‘Educational Mobile Application of Augmented Reality Based on Markers to Improve the Learning of Vowel Usage and Numbers for Children of a Kindergarten in Trujillo’, Procedia Computer Science, 130, pp. 352–358.

Elmunsyah, H., Hidayat, W.N. and Asfani, K. (2019) ‘Interactive learning media innovation: utilization of augmented reality and pop-up book to improve user’s learning autonomy’, in Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, p. 012031.

Emputri, Y. et al. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman’, Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), pp. 8–14.

MASNUR, A. (2016) ‘Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 2 Solok’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2).

Mustaqim, I. (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality’, Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Mutia, A.N., Apriyanto, A. and Hakam Dani, A.A. (2019) ‘Rancang Bangun Media Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Berbasis Android Pada Smp Negeri 8 Palopo’, Klasikal : Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), pp. 1–11.

Oktafia, F. and AN, D.N. (2020) ‘Persepsi Mahasiswa Sosiologi FIS UNP Tentang Mata Kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK)’, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), pp. 63–69.

Prasetya, F., Fajri, B.R. and Ranuharja, F. (2020) ‘Development Design Augmented Reality-Based Jobsheet in CNC Programming Subjects’, International Journal of Innovation, 10(11), p. 18.

Prasetyo, E.B. (2006) ‘Peran ilustrasi visual dalam pembelajaran’, Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(2).

Primawati, P., Ambiyar, A. and Ramadhani, D. (2017) ‘Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan metode talking stick’, Invotek (Korelasi Minat Berwirausaha dengan Kinerja Praktik Kerja Industri Siswa SMK), 17(1), pp. 73–80.

Rahim, B., Suparno, S. and Adri, J.A.J. (2018) ‘Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi’, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), pp. 31–38.

Refdinal, R. (2019) ‘Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 1 Padang’, Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 805–811.

Saidin, N.F., Halim, N.D.A. and Yahaya, N. (2015) ‘A review of research on augmented reality in education: Advantages and applications’, International education studies, 8(13), pp. 1–8.

Syahri, B. and Syahrial, S. (2020) ‘Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik’, Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), pp. 22–30.

Submitted

2022-08-06
Accepted
2022-08-10
Published
2022-08-31
How to Cite
[1]
M. Muklis, F. Prasetya, A. Ambiyar, and D. Sari, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN”, Vomek, vol. 4, no. 3, pp. 37-42, Aug. 2022.