HUBUNGAN PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK N 1 RANAH AMPEK HULU TAPAN
Abstract
Praktek kerja industri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Praktek kerja industri ini diharapkan mampu menciptakan tenaga kerja yang profesional dan dapat menumbuhkan minat siswa dalam membuka usaha dibidang yang diinginkan. Karena menurut data masih banyak dari lulusan pendidikan yang menganggur sehingga persaingan antar lulusan tinggi, salah satu jawaban untuk mengatasi hal ini diperlukan pola pikir untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri atau berwirausaha. Minat untuk berwirausaha siswa diharapkan muncul atau timbul pada saat menjalani poses pembelajaran baik di sekolah maupun pada saat menjalankan praktek kerja industri karena dengan banyaknya siswa yang minat untuk membuka usaha maka akan berdampak terhadap semakin besar nya lapangan pekerjaan dan berkurangnya pengangguran yang bergantung terhadap lowongan pekerjaan. Tujuan dari riset ini yaitu meemperoleh korelasi pengetahuan praktek kerja industri terhadap minat berwirausaha. Riset kuantitatif diterapkan, populasi penilitian yaitu siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan sebanyak 109 orang dan pada penelitian ini dengan sampel sebanyak 52 orang. Hasil uji hipotesi diketahui nilai sigfikansi atau sig. (2-tailed) 0,000, Dikarenakan data sig 2- tailed 0,000 < 0,05. maka diartikan terdapat korelasi yang tinggi antara variabel x dan variabel y, dan data koefisiens corelasi diketahui sebesar 0,75 (sedang). Yang artinya ada korelasi yang positif antar variabel x dan variabel y, yang harga koefisien korelasinya sebesar 0,75 (sedang). Berdasarkan dari hasil kajian bisa disimpulkan terdapat korelasi yang postif antara praktek kerja industri dengan minat siswa dalam berwirausaha dengan besar korelasi sebesar 0,75.
References
Aferi, I., & Waskito, W. (2019). Evaluasi Implementasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Kelas Xi Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan Di Smk …. Ranah Research: Journal of …, 775–782. https://www.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/128
Amri, Z. (2012). Minat Berwirausaha Mahasiswa Diploma Tiga (D3) Jurusan Teknik Mesin Fakuiltas Teknik Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang.
Astuti, O. P. (2016). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas xii keahlian jasa boga smk negeri 1 sewon tugas akhir skripsi. 8–15.
Gusmardiansah, G., & Rifdarmon, R. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 2(1), 21–32. https://doi.org/10.24036/aeej.v2i1.35
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Jasman dkk. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata DiklataGambar Teknik di SMK Negeria5 Padang.
Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Lingkungan Keluarga Melalui Motivasi Diri terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung Tahun 2018. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.
Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43
Paturahman, M., Siagian, I., & Chadis. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223–234. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/4255
Prasetya, E. P., Abdulrahman, & Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreatifitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 19–25. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/69
Priyanto, D. (2008). Duwi Priyanto (2008). Mediakom.
Saat, S. (2015). Faktor Faktor Determinan dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
Safina, W. L. (2021). Artikel Peran Guru Dalam Pengembangan Pendidikan. In Artikel Peran Guru Dalam Pengembangan (pp. 1–8).
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. 5(20), 7164–7169.
Saputra, E. K., Erizon, N., Jasman, J., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.187
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Tamrin, M. I. (2018). Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup. MENARA Ilmu, XII(79), 70.
Utama, A., Jalinus, N., Jasman, & Hasanuddin. (2020). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Bukittinggi Implementation Of Project Based Learning Model To Improve Activites , And Learning Out. 2(2), 48–55.
Vananda, R., Lapisa, R., Aziz, A., & Purwantono, P. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 13–18. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.282