UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIVITAS DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

  • Fiqi Gusti Irawan Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Case Method dan Team Based Project, Produk dan Kreativitas Kewirausahaan

Abstract

Model pembelajaran berperan dalam peningkatan hasil belajar seorang peserta didik, pembelajaran yang diterapkan harus mampu membuat siswa nyaman dan aktif didalam mengikuti pembelajaran disekolah. Masalah  yang di temukan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran yang berlangsung, terdapat siswa yang bermain handphone, keluar masuk kelas, dan ribut pada saat proses pembelajaran.  Penelitian ini  memiliki tujuan untuk mengukur kenaikan hasil belajar mata pelajaran Produk dan Kreativitas Kewirausahaan Teknik Otomotif Sepeda Motor. Metode penelitian yang digunakan case method dan team based project, penelitian dengan jenis classroom action research yang digunakan pada kajian ini dengan 32 siswa sebagai subjek kajian ini. Hasil analisis yang didapat terhadap penelitian ini yaitu terdapat peningkatan prestasi belajar yang terbukti dengan capaian masing masing siklus. Capaian ketuntasan pada siklus I sebesar 65,62% yang mana pembelajaran belum maksimal karena belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan, Capaian ketuntasan pada siklus II sebesar 71,87% yang mana pembelajaran belum maksimal karena belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan, dan Capaian ketuntasan pada siklus III sebesar 84,37% yang mana pembelajaran telah maksimal karena ketuntasan pada siklus III telah mencapai ketuntasan yang ditetapkan. Dari hasil penelitian yang dijalankan diketahui bahwa pembelajaran case method dan team based project mampu meningkatkan prestasi belajar dan pembelajaran case methods and team based project ini juga dapat menumbuhkan kreatifitas dan motivasi siswa dalam pembelajaran, hal ini terjadi karena pembelajaran case methods and team based project menerapkan proses belajar yang nyaman dan menyenangkann bagi siswa.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arwizet, K. (2015). Pendidikan Kejuruan Dan PengaruhnyaTerhadap Peningkatan Kualitas Human Capital. Proceeding FPTK, 1(1), 434.

Dyah D. Andayani, R. T. M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 401–411. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7356

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Indriyanti, N., Siswandari, & Ivada, E. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe UNS, 1(2), 1–9.

Ismail, M. F., & Siswanto, I. (2018). Pelaksanaan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pencerahan, 12(1), 87–107.

Lia, N., Syamwil, R., & Widayani, S. (2017). Model Pembelajaran Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di SMA Wilayah Kalimantan. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13836

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasir, R., & Maknun, C. L. (2022). Refleksi Penilaian Kontribusi Pada Team-Based Project Secara Daring. Aksioma, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1905

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning

media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa yang Berasal dari SMK dengan SMA pada Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Jurnal Vokasi Mekanika, 2(4), 16–22.

Rahim, B. (2013). Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok. 7.

Saputra, R. M. I., Yusnedi, Triyono, A., Apriansyah, R., Hermanto, Hairudin, A., Ningsih, F., Corrina, F., & Ririen, D. (2022). Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method dan Team Based Project. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1), 12–16. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i1.3510

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan (Vol. 1). Umsu Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukarnyana, I. W. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Susanti &Hartanto. (2015). Kompetensi, Peningkatan Melalui, Guru. 14, 151–174.

Syahri, B., & Abadi, Z. (2021). Kontribusi Kreativitas Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X Smk Contribution of Creativity in Online Learning To Student Learning Outcomes in Mechanical Engineering Drawing Subjects in Grade. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(4), 68–74.

Tanjung, R. N. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Universitas Negeri Medan.

Vahlepi, S., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(3), 10153–10159.

Waskito, & Erizon, N. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaranproduktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerjaindustri Siswa Kelas Xii Program Teknikpemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesinjurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, 3(2), 42–48.

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731.

Submitted

2022-10-06
Accepted
2022-10-24
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
F. Irawan, A. K, P. Primawati, and F. Prasetya, “UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIVITAS DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 40-45, Nov. 2022.