PRESEPSI SISWA TERHADAP FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT TEKNIK PENGELASAN BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
Abstract
Hal yang harus selalu di perhatikan dalam proses belajar yaitu menjaga atau menumbuhkan motivasi seorang siswa dalam pembelajaran, beberapa cara dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang baik dan menyediakan fasilitas belajar yang lengkap dan nyaman agar siswa dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran. Fasilitas dalam belajar berperan penting agar membuat terlaksananya proses belajar dengan baik dan membuat suasanan belajar lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pendapat peserta didik mengenai fasilitas belajar yang ada di sekolah SMK Negeri 1 Bukitinggi dan guna melihat korelasi dari sarana belajar atas prestasi belajar siswa. Pada Kajian ini menerapkan model kuantitaif dengan model ex-posts dengan jenis analisis kuantitatif korelasional. Adapun hasil analisis yang didapatkan diketahui dari uji korelasional bahwa harga pearson correlation sebesar 0,452 dan r tabel 0.367. sehingga dapat diartikan bahwa terdapat kaitan antar variabel x dan y. hal ini dibuktikan dengan nilai kriteria rhitung > rtabel atau 0.452 > 0.367 dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 3,6%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap mata pelajaran pengelasan busur manual jurusan teknik mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi. Dengan besaran dampak persepsi siswa terhadap fasilitas belajar atas prestasi belajar siswa yaitu 3,6% pada taraf kepercayaannya.
References
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Ariska, D., Erizon, N., Arwizet, & Rahim, B. (2022). Hubungan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDYM) di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(3), 1–5.
Firdaus, Syahri, B., Lapisa, R., & Abadi, Z. (2021). Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa Di Smk Negeri 2 Pekanbaru Analysis of Self-Regulated Learning on Student Learning Achievement of Engineering Drawing Subject At Smk Negeri 2 Pekanbaru. 3(4), 26–30.
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294.
Lafianto, P. (2013). Motivasi Dan Persepsi Siswa Tentang Kelengkapan Fasilitas Praktik Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2. Universitas Negeri Yogyakarta.
Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.
Mulianti, M. (2018). Model Pengukuran Faktor dan Indikator yang Berperan Terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 39–48. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.217Nugraha, H., & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 2(18), 49–54.
Pendidikan, J. A., Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 14(1), 25.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2015).
Sherly. (2017). Hubungan Antara Fasilitas Belajar Menurut Warga Belajar dengan Minat Belajar di Lembaga Pusat Pendidikan Modern College Padang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 25–38. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan RND (Bandung). Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
Werdayanti, A., & Belakang, L. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas Dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79–92. https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434