PENGARUH PEMBERIAN LABELLING NEGATIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Seringkali banyak ditemukan peserta didik yang diberi lebelling negative oleh guru berdasarkan tingkat pengetahuan dan keterampilannya. Hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam keberhasilan menjalani pembelajaran. Karena pemberian labelling membuat seorang peserta didik tidak percaya diri. Berdasarkan fenomena yang terjadi ini, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pemberian lebelling negative ini terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional yang menerapkan lebelling negative pada peserta didik dan melihat dampaknya terhadap minat belajar seorang siswa. Penelitian dilaksanakan pada 68 orang siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK N 1 Bukitinggi. Analisis data menggunakan metode deskripktif dan analisis regresi. Hasil pengujian diketahui nilai signifikan sebesar 0,037 yang artinya > 0,005. Sehingga diketahui jika Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada dampak signifikans antar variabel pemberian labelling terhadap variabel minat belajar siswa. Dari hasil riset ini disimpulkan bahwasanya ada kontribusi yang signifikan antara pemberian labelling negative pada minat belajar siswa. Seorang anak diberikan label negatif akan membuat anak tersebut dijauhkan dari temannya. Hal ini berdampak terhadap kepercayaan diri siswa. Seseorang yang memperoleh label negatif akan meyakini dirinya sesuai denga lebel negatif yang disematkan kepada dirinya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap minat seseorang terhadap pembelajaran dan berdampak langsung kepada prestasi belajar.
References
Anggreni, N. W. Y., & Herdiyanto, Y. K. (2017). Pengaruh Stigma Terhadap Self Esteem Pada Remaja Perempuan Yang Mengikuti Ektrakurikuler Tari Bali Di Sman 2 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 208–221. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p20
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Fikri, M., Erizon, N., Mulyadi, R., & Sari, D. Y. (2021). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 50–57. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.208
Firdaus, Syahri, B., Lapisa, R., & Abadi, Z. (2021). Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa Di Smk Negeri 2 Pekanbaru Analysis of Self-Regulated Learning on Student Learning Achievement of Engineering Drawing Subject At Smk Negeri 2 Pekanbaru. 3(4), 26–30.
Khoisiyah, N. H. (2014). Gambaran Respon Psikologis Remaja yang Mendapat Labeling di SMK Perdana Kota Semarang. Fikkes Jurnal Keperawatan, 7(2), 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Kushendar, & Maba, A. P. (2017). ahaya Label Negatif Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Dengan Gangguan Belajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 106–113.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(1), 745–751.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Nasution, A. (2014). Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. PT. Citra Adiya Bakti.
Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.211
Rahman, A. S., & Octamaya Tenri Awaru, A. (2019). Labelling (Studi Komparatif Pada Siswa Jurusan Ipa Dan Ips Di Man Binamu Jeneponto). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 6(1), 13–18.
Saputra, Y., A, Y., Purwantono, & Abadi, Z. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Media Berbasis Internet Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK nEGERI 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 55–58.
Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.
Suharmawan, W., & Triwahyuni, E. (2022). Dampak Psikologis Labelling Bagi Siswa SMP. Jurnal CONSILIUM (Education and Counseling Journal), 2(2), 35–46.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, April, 60–76.
Surjaweni. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu.
Syamsinar. (2019). Analisis Faktor Pengaruh Pemberian Label (Labelling) Terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pangkep. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Wahyudi, I., & Erizon, N. (2019). Minat Berwirausaha Mahasiswa D3 Fakutas Teknik Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2016. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(3), 1–8. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i3.66