PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN FASILITAS LABORATORIUM GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA
Abstract
Latar belakang penelitian yang dilakukan terdapat turunnya hasil belajar pada pembelajaran Gambar Teknik kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Ada beberapa masalah yang dilihat yaitu fasilitas dan juga disiplin siswa yang kurang. Tujuan dari penelitian melihat adakah pengaruh disiplin peserta didik dan sarana prasarana laboratorium gambar pada hasil belajar. Metode penelitian yang dipakai ialah correlational research. Penelitian dilakukan dibulan Juli 2022. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya siswa bertotal 53, dan sampel riset berjumlah 35 peserta didik memakai rumus random sampling. Data terkumpul dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 23.0. Analisa hipotesis memakai uji kerelasi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil pengujian korelasi sederhana X1 terhadap Y, mempunyai nilai koefisien 0,946 bertaraf akseptasi 0,000 dan bentuk hubungan yang positif, maka dapat disimpulkan dampak positif yang sangat signifikan dan sempurna antara disiplin pembelajaran pada hasil belajar peserta didik, dan X2 terhadap Y mempunyai nilai koefisien 0,946 bertaraf akseptasi 0,000 dan bentuk hubungan yang positif, maka dapat disimpulkan terdapat dampak positif yang cukup signifikan dan sempurna antar fasilitas laboratorium gambar pada hasil belajar. Untuk hasil korelasi berganda signifikan F change bernilai 0,000 < 0,05 jadi dapat dinyatakan data X1 dan X2 berkorelasi, dan nilai pearson correlation sebanyak 0,958 di tingkat korelasi sempurna. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap Y.
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, H. M. Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Edi Riadi. 2016. Statistika Penelitian: Analisis Manual Dan IBM SPSS. Yogyakarta: Andi.
Fortuna, Aprilla, Aprizal Saputra, Amri Ramadhan, Febri Prasetya, Primawati Primawati, and Detty Rahmadhani. 2022. “Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material.” Pp. 1–8 in Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII.
Hakim, Arif Rachman, Jasman Jasman, Yufrizal A, and Zainal Abadi. 2022. “Kontribusi Hasil Belajar Teori Terhadap Kemampuan Praktik Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Di Smk 1 Sumatera Barat.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(1):26–31. doi: 10.24036/vomek.v4i1.268.
Irwandi, Hari, Mulianti Mulianti, Yufrizal A, and Hasanuddin Hasanuddin. 2020. “Pengaruh Motivasi Siswa Dan Fasilitas Menggambarterhadap Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Smk Negeri 1 Koto Xi Tarusan.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 2(1):30–37. doi: 10.24036/vomek.v2i1.80.
Jalinus, Nizwardi, Waskito Waskito, and Sudirman Sudirman. 2018. “Kontribusi Bakat Mekanik Dan Persepsi Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Negeri 2 Sawahlunto.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 1(1):1–7. doi: 10.24036/jptk.v1i1.423.
Jasman, Jasman. 2019. “Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran SMAW Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2(2):53–60. doi: 10.24036/jptk.v2i2.5323.
Khafid, Muhammad. 2008. “Fakultas Ekonomi Unnes.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008 2(2):165–84.
Kusnadi, Edi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta : Ramayana Press dan STAIN Metro: Jakarta : Ramayana Press dan STAIN Metro.
Megasari, Rika. 2014. “Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas.” 2:636–48.
Mulianti. 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Tellusiattinge.” Jurnal Nalar Pendidikan 4(2):97–107.
Mulianti, Mulianti. 2018. “Model Pengukuran Faktor Dan Indikator Yang Berperan Terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):39–48. doi: 10.24036/invotek.v18i1.217.
Mulyadi, Rodesri, and Mulianti Mulianti. 2018. “Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi: Analisis Validitas Dan Reliabilitas Indikator.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):49–58. doi: 10.24036/invotek.v18i1.240.
Prasetya, Febri, Budi Syahri, Bayu R. Fajri, Fadhli Ranuharja, Aprilla Fortuna, and Amri Ramadhan. 2021. “Improved Learning Outcomes of CNC Programming through Augmented Reality Job Sheet Learning Media.” Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 21(3):221–33.
Pratiwi, Noor Komari. 2017. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang.” Pujangga 1(2):31. doi: 10.47313/pujangga.v1i2.320.
Primawati. 2015. “Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa Yang Berasal Dari Smk Dengan Sma Pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp.” Jurnal Teknik Mesin 3(1):16–17.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Syahri, Budi. 2020. “Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 2(2):22–30. doi: 10.24036/vomek.v2i2.65.
Widiatmoko, Andi. 2019. “Economic Education Analysis Journal Info Artikel.” Economic Education Analysis Journal 8(1):496–501.
Yufrizal. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Teknzk Produksi Pemesinan Di Jurusan Teknik Mesin Ft Unp.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.