HUBUNGAN ANTARA PRESEPSI SISWA TERHADAP FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PADANG
Abstract
Sekolah merupakan institusi pendidikan yang harus menyediakan fasilitas belajar guna keberhasilan pembelajaran. Dan fasilitas tersebut juga harus didukung penuh oleh orang tua murid agar dapat berguna sebainya. Mengingat fasilitas belajar berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran. Penggunaaan fasilitas dalam belajar harus dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Terbatasnya fasilitas tersebut membuat prestasi belajar murid akan kurang maksimal ataupu menurun . maksud atas kajian ini ialah guna memperoleh mengenai korelasi persepsi siswa terhadap hasil belajar dan mengetahui seberapa besar hubungan presepsi siswa tentang fasilitas belajar siswa. Jenis penelitian yang diapaki pada kajian ini yaitu kuantitatif dengan model ex-post facto dengan analisis kuantitatif korelasional. Adapun hasil analisis dari kajian ini yaitu nilai pearson correlation 0.285 dan r tabel sejumlah 0.235 dan r hitung > r tabel atau 0.285 > 0.235. sehingga dapat dikatakan terdapat kaitan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar dan koefisien determinan sebsar 0.068. maka diartikan besar pengaruh anatara kedua variabel sebesar 0,068 atau 6,8%. Berdasarkan perolehan hasil analisis yang dijalankan diperoleh rangkuman adanya korelasi persepsi siswa tentang fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata diklat gambar teknik jurusan teknik mesin SMK negeri 1 padang dan besaran hubungan antara kedua variabel tersebut yaitu sebesar 6,8% dan selebihnya dipengaruhin oleh faktor lain diluar penelitian.
References
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1256
Almi, F., Erizon, N., Aziz, A., & Jasman. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X Smk Dhuafa Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 60–66.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Bangun, D. (2012). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1), 74–94. https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.604
Harisah, A., & Masiming, Z. (2008). Persepsi manusia terhadap tanda,simbol dan spasial. SMARTek, 6(1 Februari), 29–43.
Iqbal, M., Syahri, B., & Abadi, Z. (2021). Kontribusi Kreativitas Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X Smk Contribution of Creativity in Online Learning To Student Learning Outcomes in Mechanical Engineering Drawing Subjects in Grade. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(4), 68–74.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Rahmah, A. S., Ambiyar, A., Mulianti, M., & Prasetya, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Teknik Mesin Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 88–93. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.239
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT. Bumi Aksara.
Sulfemi, W. B., & Qodir, A. (2017). Relationship of 2013 Curriculum With Motivation Learning Students in Pelita Ciampea Vocational School. Jurnal Ilmiah Edutecno, 17(2), 1–12.
Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.
Syahri, B., & Syahrial. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30.
Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo. Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.