PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SUMBAR

  • Islamimahdi Islamimahdi Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Metode Pembelajaran, Video Tutorial, Hasil Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Mesin

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan guru jurusan Teknik Pemesinan pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumbar masih kurang inovatif dan variatif dimana proses pembelajarannya dilakukan dengan cara guru berceramah di depan kelas dalam memberikan penjelasan dengan menggunakan media papan tulis dan buku diiringi dengan pemberian tugas dan latihan, sehingga membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan. Penerapan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, antara siswa dengan siswa serta guru dengan siswa agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan materi ajar yang disampaikan oleh guru dapat mudah dipahami. Ada beberapa konsep yang bisa dikembangkan pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin yaitu penambahan media yang lebih efektif, salah satunya media video tutorial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Dengan menggunakan penelitian True Experimental Design, dimana video tutorial tentang panduan menggunakan mesin umum sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menggunakan uji t didapat nilai sig (2 tailed) yang sama sebesar 0,012, yaitu < 0,050. Selanjutnya diperoleh nilai  sebesar 2,590.  Sedangkan  pada taraf signifikan 0,050 diperoleh  2,590. Sehingga bisa disimpulkan bahwa nilai (2,590 > 2,026). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran seperti video tutorial mampu membantu peserta didik lebih fokus dalam belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin.

References

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155

Ardianto, D., Helmi, N., Indrawan, E., Mesin, J. T., & Tawar, K. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Cnc Simulator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Teknik Pemesinan Nc / Cnc Dan Cam Kelas Xii Smk Negeri 1 Bukittinggi Effectiveness of Using a Cnc Simulator To Increase Learning Outcomes in Learning Nc / Cnc Machiner. 3(4), 62–67.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2007). Media pembelajaran. Grafindo Persada.

Elfianti, R., Jasman, Purwantono, & Syahri, B. (2021). Persepsi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Di Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang Perception of Online Learning in Subjects Engineering Drawings of Grade X Students in Majors Mechanical Engineering Smk Negeri 5 Padan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(4), 13–18.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 1(5), 11–21.

Febrio, R., Rifelino, R., A, Y., & Indrawan, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Materi Pembubutan Ulir Kelas Xi Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 8–11. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.123

Fikri, M., Erizon, N., Mulyadi, R., & Sari, D. Y. (2021). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 50–57. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.208

Firdaus, A., Indrawan, E., Jasman, J., & Rifelino, R. (2022). Pengaruh Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.283

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Mandalika, & Syahril. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin. Jurnal InovasiVokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92.

Oktavia, R. (2019). Kurangnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Prabowo, A. (2016). Efektivitas Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.

Purnomo, Ap. H., Nasution, D. R., Annisa, R. M., Syaroh, M., & Sari, D. M. (2017). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2235–2241.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Setiawati, R., & Istiqamah, I. (2021). Penggunaan Media Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Sastra Pada Sma/Ma Sederajat. UrbanGreen Conference Proceeding …, 2011.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Suyatno, Irzal, Jasman, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Student Perception of Teacher Teaching Skills and Student Attitudes in School Rules on School Learning Outcomes in Basic Welding Techn. Vomek, 2(1).

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasl Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kela VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 84–104.

Submitted

2022-09-06
Accepted
2022-10-29
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
I. Islamimahdi, E. Indrawan, H. Nurdin, A. Kurniawan, and P. Purwantono, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 SUMBAR”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 130-135, Nov. 2022.