PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) DI SMK NEGERI 2 KOTA SOLOK
Abstract
Berdasarkan pengamatan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Solok ditemukan bahwa pemanfaatan Google Classroom masih belum optimal sebab digunakan secara monoton dan sebatas beberapa fitur saja. Selain itu, merujuk pada nilai praktik akhir semester mata pelajaran pekerjaan dasar teknin mesin rata-rata hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 9 dari 24 atau 45%. Maka bertolak dari kenyataan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar setelah dilakukan penggunaan media pembelajaran Google Classroom pada siswa di SMK Negeri 2 Solok. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan (Classroom Action research) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I ditemukan hasil belajar siswa nilai tertinggi 85, terendah 40 dengan rata-rata 58,95 dan tuntas secara klasikal sebanyak 8%. Selanjutnya pada siklus 2 nilai tertinggi 95, terendah 70 dengan rata-rata 83,75 dan tuntas secara klasikal 88% atau sebanyak 21 siswa. Disimpukan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran Google Classroom di kelas X TPM 1 pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Solok. Hal ini dibuktikan pada siklus I sebanyak 8% siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dan meningkat menjadi 88% pada siklus II.
References
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran : peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.
Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Jasman, Saputra, M. I., & Refdinal. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan ( Pplk ) Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Smk Negeri 5 Padang Student ’ S Perc .... Student ’ S Perception of College Student Basic Skill Teaching of E. October.
Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Dan Investigasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Berbantuan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(1), 56–67.
Mahrita Julia, H. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematka Tipe Think Pair Share di Smkn 3 Banjarmasin. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 12 Oktober, 153–161.
Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. MATHEMA Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 40–47.
pardjono. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY.
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester Iv Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(2), 11–20. https://doi.org/10.24127/ja.v3i2.329
Rahim, B., Suparno, S., Erizon, N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.63
Rani Dewi Yulyani. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom, Fasilitas Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 703–714. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1071
Sabran, & Sabara, E. (2018). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125.
Sofiana, N. (2015). Implementasi blended learning pada mata kuliah Extensive listening. Jurnal Tarbawi, 12(1), 59–69.
Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–6010.
Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.
Syahrum, S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 9).
Waskito & Alkadra, M. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas Xll Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. 7.