IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT
Abstract
Pendidikan adalah upaya pelatihan terhadap individu buat membangun pengetahuan, keterampilan juga kreativiats peserta didik. Proses pembelajaran dikelas adalah kunci primer keberhasilan pendidikan, sehingga contoh pembelajaran yang diterapkan sang pendidik sebagai hal yang krusial. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Teknik Pemesinan bubut melalui implementasi model project based learning. Pembelajaran yang diterapkan pendidik masih berpusat pada pengajaran yang berdampak pada kreativitas peserta didik turun. Penelitian ini menggunakan model classroom action research. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TP-2 yang bertotal 14 orang. Penelitian ini dilangsungkan pada bulan Juli-Agustus 2022. Instrumen penelitian memakai lembar observasi kreativitas peserta didik menggunakan indikator keberhasilan kreativitas siswa yang ditetapkan 70% menggunakan kategori baik. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata kreativitas peserta didik 52,4 %, pada siklus 2 rata-rata 77 % kategori baik serta di siklus 3 rata-rata kreativitas peserta didik menjadi 81% menggunakan kategori sangat baik, peningkatan kreativitas peserta didik di setiap siklus terjadi peningkatan yang signifikan. Indikator keberhasilan penelitian telah meningkat pada siklus 2 dan 3 dibuktikan dengan perolehan hasil kreativitas peserta didik sebesar 77% dan 81%. Kesimpulan berasal dari penelitian adalah memakai implementasi model pembelajaran project based learning dalam menaikkan kreativitas peserta didik di pelajaran teknik permesinan bubut.
References
Abid Al Rasyid, I. 2020. ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Teknik Frais Di Smk Negeri 1 Tanjung Raya’, 2(4). Available At: Http://Vomek.Ppj.Unp.Ac.Id.
Agus, M., Putra, T. And Mesin, J.T. 2020. ‘Application Of Project Based Learning Model To Improve Activites, Skills, And Learning Outcomes Of Students Learning Techniques Of Class X Machine Engineering In State Vocational School 1 Batipuh’, Vomek, 83(1).
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hakim, N. 2015. ‘Penerapan Project- Based Learning Dipadu Group Investigetion Untuk Meningkatkan Motivasi, Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang’, Jurnal Biodik, 1.
Herawan, Endang And Lulu, Rahayu. 2016. ‘Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi’, Jurnal Edunomic, 4.
Jalinus, N., Nabawi, R.A. And Mardin, A. 2017. ‘The Seven Steps Of Project Based Learning Model To Enhance Productive Competences Of Vocational Students’, In. Atlantis Press. Available At: Https://Doi.Org/10.2991/Ictvt-17.2017.43.
Jalinus, N., Ramli And Muhibbuddin. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kompetensi Teknik Pemesinan Berbasis Project-Based Learning Pada Pendidikan Vokasi Dan Kejuruan Di Sumatera Barat. Jakarta: Dikti-Jakarta: Penelitian Tim Pascasarjana.
Jasman, Jasman, Irzal, I. And Primawati, P. 2020. ‘Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Las Dasar Di Smk Negeri 1 Lembah Melintang Student Perception Of Teacher Teaching Skills And Student Attitudes In School Rules On School Learning Outcomes In Basic Welding Techniques In Vocational School 1 Lembah Melintang’, 2(1).
John, E. 1982. Developing Hyphothesis About Classroom From Teachers Practical Construct: An Account Of The Work Of The Ford Teaching Froject. The Action Research Reader. Geelong: Victoria: Deakin University.
John, E. 1991. Action Research For Educational Change. London: London; Biddles Ltd.
Munandar And Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Edited By Munandar And Utami. Jakarta: Pt Rineka Cipta Dan Dep. Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pardjono. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Seri Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Lemlit Uny.
Putra, T., Irwan And Vionanda, D. 2015. ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah’, Jurnal Pendidikan Matematika, Pp. 22–26.
Putu, S. 2017. Filosofi, Teori, Konsep, Dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Edited By Putu Sudira.
Sit, Masganti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Praktik. Perdana Publishing.
Sudibjo, N., Sari, N.J. And Lukas, S. 2020. ‘Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek Untuk Menumbuhkan Perilaku Kreatif, Minat Belajar, Dan Kerja Sama Siswa Kelas V Sd Athalia Tangerang’, Akademika, 9(01), Pp. 1–16. Available At: Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V9i01.736.
Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sultana, M. And Sajida, Zaki. 2015. ‘Proposing Project Based Learning As An Alternative To Traditional Elt Pedagogy At Public Colleges In Pakistan’, International Journal For Lesson And Learning Studies, 4(2), Pp. 155–173.
Suparno And Rahim, B. 2017. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Permesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Padang: Pakar Pendidikan.
Titu, M. 2015. ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi’, Proseding Seminar Nasional [Preprint].
Waskito, Erizon, N. And Masnur, A. 2016. ‘Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas Xii Program Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok’, Pendidikan Teknik Mesin. [Preprint].