UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Era globalisasi membuat pemerintah perlu berbagai dorongan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pembelajaran yang berlangsung pada kelas menjadi kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga pembelajaran yang di implementasikan pendidik menjadi sangat penting. Model pembelajaran yang dipergunakan oleh pengajar masih belum bervariasi hingga peserta didik yang ditemukan masih rendah pada nilai belajar, maka hasil belajar pada peserta didik kelas X TP-1 masih banyak yang belum memenuhi nilai KKM. Penelitian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) memakai model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumatera Barat. Metode penelitian yang dipergunakan pada penelitian ialah metode classroom action research. Hasil belajar di siklus I, diperoleh 63,9% peserta didik yang telah memenuhi pada nilai KKM (65,00) dan 36,1% peserta didik yang belum memenuhi nilai KKM. Pada siklus II, presentase belajar yang dihasilkan peserta didik yang telah memenuhi nilai tuntas mencapai 80,6% dan sebesar 19,4% peserta didik belum memenuhi nilai minimum. kesimpulan dari penelitian ini ialah selesainya melakukan penelitian selama 2 siklus, maka diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) kelas X TP-1 pada SMK Negeri 1 Sumatera Barat dapat mempertinggi hasil belajar peserta didik dengan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 75%.
References
Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1), 87–93.
Anisah, S., & Rochmawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Informasi Persediaan Barang Kelas Xi Akuntansi 1 Di Smk Negeri 10 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2), 136–146.
Arwizet, K., & Saputra, P. G. (2019). Improvement of Student Learning Outcomes through the Implementation of Collaborative-Think Pair Share Project Based Learning Model on Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012084
Batoq, I., Susila, I., & Rijanto, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendinginan Bahan Bakar Dan Pelumas Di Smkn 3 Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(02), 247188.
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Giatman, M. (2000). Prosiding Optimasi Pendidikan Kejuruan dalam Pembangunan.
Hidayat, A., Wiharna, O., & Sukrawan, Y. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Perawatan Kopling. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(2), 145. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i2.4543
Indrawan, E., Jalinus, N., & Syahril. (2018). Review Project Based Learning. International Journal of Science and Research, 8(4), 1014–1018.
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Implementation of the PjBL model to enhance problem solving skill and skill competency of community college student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.14286
Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. 102(Ictvt), 251–256. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.43
Jihad, B., Kuntadi, I., & Permana, T. (2019). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Alat Ukur Mekanik. Journal of Mechanical Engineering …, 6(2), 176–184. https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/21791
Kusuma, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dengan Materi Sistem Pendingin Mesin Kelas Xi Tkr Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 5(02), 250540.
Muhanif, & Yunus. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X Tpm Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(02), 251555.
Mulyani, S., Syahri, B., Suparno, S., & Purwantono, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 33–39. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.127
Nugraha, A., & Sundayana, R. (2014). Penggunaan alat peraga sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dalam memahami konsep bentuk aljabar pada siswa kelas VIII Di SMPN 2 Pasirwangi. Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa, 3(3), 133–141.
Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Purnomo, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pengelasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Dharma Bhakti …. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/13648
Rahim, B. (2018). Validitas Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Teori Teknik Fabrikasi. 1(2).
Refdinal, R., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. (2019). Assessment Methods with Gradations of Answers on Learning through E-Learning. 299(Ictvet 2018), 141–147. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.31
Roland Tobing, J. B., Sari, D. Y., Rifelino, R., & Mulianti, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (Dptm) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Whiteboard Techniques Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(3), 18–23. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i3.107
Setiawan, A., & Arsana, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga Kelas XI TKR 2 Di Smk Negeri 7 Surabaya Agung Setiawan I Made Arsana Abstrak. Jptm, 7(2), 63–67.
Subekti, A., & Susanto, A. (2021). Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pendidikan Teknik Otomotif, 07(01), 6–13.
Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028