PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPL (TEKNIK PENGELASAN) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN SMAW (SHIELDED METAL ARC WELDING) DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

  • Addinul Muhammad Universitas Negeri Padang
  • Nizwardi Jalinus Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengaruh Gaya Belajar, Hasil Belajar, Teknik Pengelasan SMAW, SMK

Abstract

Pembelajaran adalah hal penting dimiliki manusia menjadi kebutuhan utama kehidupan bermasyarakat. SMK Negeri 2 Payakumbuh merupakan sekolah menengah kejuruan bertujuan menciptakan peserta didik yang baik menuju profesionalisme dalam bekerja. SMK Negeri 2 Payakumbuh memiliki beberapa program keahlian, salah satunya yaitu Teknik Pengelasan (TPL). Penelitian dilaksanakan bermaksud membuktikan pengaruh dari model belajar dihasilkan, lingkungan suasana belajar sekitar pada hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quantitative Research memakai metode korelasi dipergunakan untuk menunjukkan hubungan antara gaya dan lingkungan belajar dalam kaitannya dengan proses belajar yang dihasilkan siswa di pembelajaran Teknik Pengelasan SMAW di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Populasi penelitian berjumlah 67 peserta didik yang merupkan seluruh peserta didik kelas XI-TPL (Teknik Pengelasan) di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik kelas XI-TPL (Teknik Pengelasan) I dan II dengan teknik random sampling. Metode dipakai ialah metode kuantitatif yang bersifat korelasional dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk kuesioner melalu uji kevalidan dan reliabilitas dengan teknik analisis dipakai merupakan teknik pra-analisis berupa, uji linearitas, uji normalitas, dan uji multikolinearitas, sedangkan uji hipotesisi dipakai ialah teknik korelasi product momen. Menurut hasil penelitian uji korelasi tidak berdampak positif dan relevan antara gaya belajar dan lingkungan belajar sekitar.

References

Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 174).

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Harisudin, M. (2019). Metode Penentuan Faktor-Faktor Keberhasilan Penting Dalam Analisis SWOT. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 109–121.

Hasbullah, H. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. In Jakarta: Rajawali Press. (p. 54).

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.

Masgumelar, N. K., & Mustaf, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Munirom, A. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 154–174.

Pangaribuan, I., & Subakti, F. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Teknologi Industri Pembangunan Cimahi. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 9(September), 128–137. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 7–15. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/viewFile/45/54

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adersity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (p. 297).

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analysis toward Factors Affecting Students ’ Achievement in Science Learning. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1), 79–102.

Submitted

2022-09-20
Accepted
2022-10-19
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
A. Muhammad, N. Jalinus, N. Erizon, and B. Rahim, “PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPL (TEKNIK PENGELASAN) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN SMAW (SHIELDED METAL ARC WELDING) DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 30-34, Nov. 2022.