HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK TEKNIK PEMESINAN FRAIS KELAS XI DI SMK NEGERI 5 PADANG

  • Miswar Miswar Universitas Negeri Padang
  • Jasman Jasman Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektivitas, Penerapan, K3, Hasil Belajar, Pemesinan Frais.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  memerlukan pemahaman tentang perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. Begitu pula di SMK Negeri 5 Padang  setiap pembelajaran praktek yang dilaksanakan di  bengkel terkhusus pembelajaran praktek Teknik Pemesinan Frais, siswa wajib menerapkan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja. Namun masih banyak dari siswa yang lalai dengan penerapan K3. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara efektivitas dari penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada hasil belajar praktek Teknik Pemesinan Frais kelas XI di SMK Negeri 5 Padang dan untuk Populasi penelitian ini berjumlah 30 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas XITP-1 SMK Negeri 5 Padang. Sampel penelitian ialah seluruh populasi yang diambil sebanyak 30 siswa di kelas XITP-1 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode penelitian memakai metode kuantitatif yang bersifat korelasi dengan pengumpulan data secara instrumental berbentuk observasi dan kuisioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang dipakai ialah teknik pra analisis berupa uji normalitas dan linearitas. Pengujian uji hipotesis yang dipakai ialah teknik korelasi Product Moment. Hasil tingkat efektivitas penerapan K3 terdapat 19 peserta didik (63,3%) menyatakan efektif tinggi, sedangkan 11 peserta didik (36,7%) menyatakan rendah serta korelasi yang didapatkan nilai koefisien sebesar 0,866>0,05, maknanya hubungan yang diberikan berdampak positif dan signifikan antara hasil belajar yang diproleh siswa dengan efektivitas penerapan K3.

References

Arif, R., Erizon, N., & Fernanda, Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X Tpm Smk Negeri 1 Bukitinggi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(3), 12–19. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i3.378

Drs. Irzal, M. K. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Kencana.

Ferial, R. M. (2020). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 Pada Area Kerja Pt. Semen Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 4(2), 271. https://doi.org/10.24036/jess.v4i2.287

Firdaus, F. N. (2019). Pengaruh Kecepatan Putar dan Penyayatan Endmill Cutter Type HSS Terhadap Tingkat Kekerasa Alumunium Pada Mesin CNC. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 4(1), 27–36.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Génesis, C.-A., Stefania, G.-C., Karen, P.-J., Claudia, G.-D., Harold B, S., & Yulineth, G.-C. (2022). Occupational Safety and Health Management Systems As A Component Of Labor Productivity. Procedia Computer Science, 203(2021), 667–672. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.07.098

Hermawan, A. (2006). Penelitian Bisnis Pradigma Kuantitatif. In Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Indrawan, ‪Rully, & Yaniawati, R. (2014). Metodologi penelitian. In Bandung: PT. Refita Aditama.‬‬‬‬‬‬‬

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253

Mubarok, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran K3 Berbasis Android Sebagai Strategi Edukatif Untuk Melatih Siswa Smk Sebagai Tenaga Kerja Terampil Di Pasar Global. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(2), 15–26. https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i2.24217

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Putra, A. P., Pinat, M. T., & Nabawi, R. A. (2021). Kelayakan Dan Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Kerja Untuk Bisa Menjamin K3 Siswa Di Bengkel Pemesinan Smk Negeri 1 Padang. Vokasi Mekanika, 3(4), 46–54.

Rasjidi‬, ‪Raihan. (2017). Metode Penelitian. In Jakarta: Universitas Islam Jakarta.‬‬‬‬‬‬‬

Rikhotso, O., Morodi, T. J., & Masekameni, D. M. (2022). Health risk management cost items imposed by Occupational Health and Safety Regulations: A South African perspective. Safety Science, 150, 105707. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105707

Rizki, R., & Ambiyar, A. (2019). Penerapan Evaluasi Formatif Dan Umpan Balik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Teknik Permesinan Bubut Smk Negeri 5 Padang. Vokasi Mekanika, 1(2), 23–29.

Salmen-Navarro, A., & Schulte, P. A. (2022). ICOH Statement on Protecting the Occupational Safety and Health of Migrant Workers. Safety and Health at Work, 13, 261–262. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2022.06.004

Shan, D. (2022). Enforcement of fishing Occupational Health and Safety (OHS) standards: Challenges in Atlantic Canada. Marine Policy, 145(September), 105282. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2022.105282

Sjöberg Forssberg, K., Vänje, A., & Parding, K. (2022). Bringing in gender perspectives on systematic occupational safety and health management. Safety Science, 152(April). https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105776

Soin, K. S., Yeh, P. T., Gaffield, M. E., Ge, C., & Kennedy, C. E. (2022). Health workers’ values and preferences regarding contraceptive methods globally: A systematic review. Contraception, 111, 61–70. https://doi.org/10.1016/j.contraception.2022.04.012

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Sukardi, S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. In Jakarta :Bumi Aksara (pp. 1–76).

Suparno, S., & Rahim, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Pemesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. PAKAR Pendidikan, 15(2), 84–92.

Suyatno, S., Irzal, I., Jasman, J., & Primawati, P. (2020). Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru Mengajar Dan Sikap Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Terhadap Hasil Belajar Teknik Las Dasar di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Vomek, 2(1).

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wirawan, W. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zulatama, A., Ambiyar, A., Sukardi, S., & Devega, A. T. (2022). Kontribusi Prestasi Belajar, Pengetahuan K3 dan Pengalaman Prakerin Siswa dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Kelas XII di Lahat. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 96. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115785

Submitted

2022-10-03
Accepted
2022-11-07
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
M. Miswar, J. Jasman, and Z. Abadi, “HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK TEKNIK PEMESINAN FRAIS KELAS XI DI SMK NEGERI 5 PADANG”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 148-155, Nov. 2022.