PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP AKAN KEGUNAAN DARI APD DALAM PELAKSANAAN K3 DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Keselamatan dan kesehatan dalam bekerja (K3) adalah usaha pada pemberian jaminan keselamatan apabila kita sedang dilokasi pekerjaan. Melalui tujuan dari segala pihak yang mempunyai kaitan terhadap aktifitas kerja/praktek, ini bermakna tidak terdapat seorangpun yang memiliki keingan untuk tidak selamat dan tidak sehat atau terjadi kecelakaan disaat bekerja. sehingga tidak ada kerugian finansial yang disebabkan oleh kecelakaan kerja yang secara langsung mempengaruhi karyawan dan bisnis. Hasil penelitian ini akan membantu kita memahami dampak yang ditimbulkan oleh aplikasi “keselamatan dan kesehatan dalam bekerja” dan ketidakhadirannya, serta hubungan antara sikap dari siswa dan pemahaman mereka tentang subjek tersebut. “Keselamatan dan kesehatan dalam bekerja” mengenai penerapan “keselamatan dan kesehatan dalam bekerja”. Untuk mengetahui apakah faktor sikap dan pengetahuan mengenai urgensi pemakaian alat pelindung diri (APD) untuk keselamatan kerja (K3) terkait dengan pelaksanaan “keselamatan dan kesehatan dalam bekerja” berdasarkan faktor-faktor tersebut di atas sudah benar, maka peneliti melaksanakan penelitian dengan judul Hubungan Tingkat dari Pengetahuan dan sikap dari siswa Akan manfaat dari APD akan pengadaan K3 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memperlihatkan dimana terdapat dampak yang signifikan antara tingkat dari pengetahuan akan manfaat APD akan pengadaan K3 di bengkel pemesinan. Hal ini dinyatakan signifikan disebabkan hasil pengujian linieritas berganda dengan besar 0,000 yakni <0,05 dan dari pengujian itu ada 22,2% siswa yang sikapnya yang pada golongan tinggi, namun 68,8% siswa mempunyai sikap yang rendah.
References
Endriastuty, Y., & Adawia, P. R. (2018). Analisa Hubungan Antara Tingkat Pendidikan , Pengetahuan Tentang K3 Terhadap Budaya K3 Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ecodemica, 2(2), 193–201. file:///C:/Users/Asus/Downloads/4014-12456-1-PB (1).pdf
Frimananda, F., Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., & Belajar, H. (2021). Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam Di Implementation of K3 on the Results of Studying Metal Welding Technology. 3(2), 1–9.
Gunawan, I., & Mudayana, A. A. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Bagian Produksi Pt. Katingan Indah Utama, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Unnes Journal of Public Health, 5(4), 336. https://doi.org/10.15294/ujph.v5i4.12421
Ismara, I. (2009). Budaya K3 dan Performansi K3 di SMK. 1–19.
Jasman, Ambiyar, & Erizon, N. (2020). Hubungan Disiplin Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pdtm Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Solok. 2(1), 1–9.
Pangeran, M. W., Kustono, D., & Tuwoso, T. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan K3 di Bengkel Pemesinan. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 90–94.
Ramadhan, R., Jasman, Arwizet, & Kurniawan, A. (2021). Student Perception Of Occupational Health And Safety Application In Plate Formation Engineering Course In Fabrication Workshop Majoring In Mechanical Engineering Unp Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Padang Kampus Air Tawar , Pad. 3(2), 47–53.
Ratnasari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Di Sekolah Menengah Occupational Health And Safety (Ohs) Interactive Learning Media. E-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 6(2), 83–91.
Riduwan. (2010). Tini Kartini, 2013 Kontribusi Hasil Prakerin Siswa Smk Terhadap Kesiapan Kerja Sebagai Cook Helper Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu.
Sahid Raharjo. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Solahudin, Paramita, D., & Rhatomy. (2018). Clinical and Functional Outcomes of Patients Undertaking Posterior Cruciate Ligament (Pcl) Reconstruction Using Standard and Posteromedial Portal Fixation. 242–242. https://doi.org/10.26911/mid.icph.2018.05.04
Sugiyono. (2013). Quantitative, Qualitative and R & D Research Methods. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). 26–43.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian, 32–41. http://repository.stei.ac.id/2118/
Sunaryo. (2006). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Menaksir dan Membulatkan Operasi Hitung Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Bagi kelas IV SD Kepohkencono 01 Semester I Tahun 2011/2012. 8–23.
Susanti, S., Azmi, M., Ali, E., Rahmaddeni, R., & Saputra Wijaya, Y. (2020). Perbandingan Boolean Model Dan Vector Space Model Dalam Pencarian Dokumen Teks. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 268–277. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.4168
Syamsiah, Fachrin, S. A., & Wahyu, A. (2021). Pengaruh Edukasi Modul K3 Dasar terhadap Pengetahuan Siswa SDN Utama 2 kota Tarakan. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 2(3), 129–137.
Waskito, M. T., & Alkadra. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas Xii Program Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok Contribution Work Intention And Mastery Of Productive Subjects Againts Successfull O.
Widyawati, N. K. (2021). Pentingnya Penguasaan Konsep Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Mendukung Kinerja Calon Lulusan Pendidikan Kejuruan Di Dunia Kerja. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(3), 87–93. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i3.30675
Yufrizal. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Teknzk Produksi Pemesinan Di Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.