PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Pendidikan yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses bembelajaran yang baik, sehingga diperlukan model pembelajaran yan tepat untuk meraih tujuan proses belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh dari penerapan akan model project based learning dalam mata pelajaran Teknik gambar manufaktur untuk meningkatan kompetensi siswa dari kelas XI di SMKN 1 Sumatera Barat. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas XI Teknik Pemesinan 2 Grup A SMKN 1 Sumatera Barat yang berjumlah 14 orang. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan melakukan perencanaan, melaksanakan,mengamati dan merefleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik Analisa data yang dipakai yakni Teknik Analisa ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal untuk melihat pengaruh model belajar yang diterapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil belajar terus meningkat untuk siklus II. Dari yang hanya mencapai nilai ketuntasan sebesar (64%) untuk aspek pengetahuan dan (57%) untuk aspek keterampilan pada siklus I. Di siklus II ada beberapa perbaikan dan refleksi agar hasil lebih memuaskan. Presentase pada siklus II meningkat sebesar (85,7%) untuk aspek pengetahuan dan (93%) untuk aspek keterampilan setelah model pembelajaran project based learning diterapkan. Jadi, dapat diambil kesimpulan dimana secara keseluruhan mencapai keberhasilan dengan pembelajaran project based learning yang ditemukan pelajaran yang dipakai dapat membantu hasil belajar pada Siklus II.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian tindakan kelas. Bumi aksara.
Arwizet, K., & Saputra, P. G. (2019). Improvement of Student Learning Outcomes through the Implementation of Collaborative-Think Pair Share Project Based Learning Model on Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012084
Azis Nabawi, R. (2022). Hubungan Penguasaan Kognitif Siswa Mata Diklat Teknik Gambar Manufaktur Dengan Kemampuan Menggambar Menggunakan Autocad the Relationship Between Students Cognitive Mastery of Manufacturing Drawing Engineering Subjects With the Ability To Draw Using Autoca. 4(1), 77–82.
BLOOM, H. (ed. . (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi).
Daryanto, D. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum 2013. Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 18(1), 22–27.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.
Indrawan, E., & Jalinus, Nizwardi, S. (2018). Review Project Based Learning. International Journal of Science and Research, 8(4), 1014–1018.
Indrawan, R. & R. P. Y. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Refika Aditama.
Isral, I., Waskito, W., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas Xii Jurusan Teknik Pemesinan Smk N 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.18
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2018). Implementation of the PjBL model to enhance problem solving skill and skill competency of community college student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.14286
Jalinus, N., Waskito, W., & Sudirman, S. (2018). Kontribusi Bakat Mekanik Dan Persepsi Tentang Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Smk Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i1.423
Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Nasional. קתדרה, 122(1995), 25–27.
Mulyani, S., Syahri, B., Suparno, S., & Purwantono, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 33–39. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.127
Nardo, D. F., Jalinus, N., & K, A. (2019). Penerapan Project Based Learning Berbasis Grasps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mpmb Kelas Xi Smk Semen Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.26
Nurul, Z. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Bumi aksara, 200.
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91
Roland Tobing, J. B., Sari, D. Y., Rifelino, R., & Mulianti, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin (Dptm) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Whiteboard Techniques Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(3), 18–23. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i3.107
Saputra, D. K., Hendri, N., RefdinaL, & Rifelino. (2020). Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4).
Satya, V. E. (2018). Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(09), 19.
Soehardi, S. (2003). Esensi Perilalu Organisasional. Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Taman siswa.
Soma, H. A. (2008). Mahir Menggunakan AutoCAD. PT Elex Media Kompu tindo.
Sugiyono, D. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.