HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR BUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Rinto Mariadi Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Disiplin, Hasil Belajar, Bubut, Teknik Permesinan

Abstract

Penulis telah melakukan pengamatan dimana terdapat masalah Disiplin belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan sangat beragam. Disiplin siswa dalam masuk sekolah kurang baik, banyak siswa masuk kelas tidak tepat waktu. Disiplin siswa dalam mengikuti praktik di sekolah belum terlalu baik. Tidak semua siswa aktif dalam tanya jawab selama kegiatan pembelajaran. Disiplin siswa dalam mengerjakan tugas tergolong kurang baik, meskipun ada sebagian yang mengerjakan Pekerjaan Rumah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur, dan sebagainya.” Penelitian ini mengunakan desain penelitian survey deskriptif karena hasil survey yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deksriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif data yang diperoleh dari sampel populasi dari sampel populasi penelitian dianalisi sesuai metode statistik yang digunakan lalu dinterprestasikan. Hasil belajar terdorong oleh faktor luar dan dalam faktor yang berpengaruh pada hasil belajar ialah disiplin belajar. Penelitian dilakukan untuk mengungkapkan hubungan disiplin praktik pada hasil belajar praktik bubut konvensional. Jenis reseach digunakan ialah survey deskriptif difungsikan untuk mendapatkan memperoleh data dari tempat alamiah. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padang berlokasi pada Jl Mahmud Yunus Anduring. Kecamatan Kuranji, Padang, Sumatera Barat. Sampel untuk penelitian diambil kelas XI Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket atau kuesioner, dokumentasi. Hasil pengujian koefisien determinasi melalui uji regresi linear sederhana memiliki nilai sebesar 54%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa disiplin praktik berhubungan sebanyak 54% pada hasil pembelajaran praktik bubut XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang, dengan faktor sebanyak% terhubung pada faktor lain.

References

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Asdi Mahasatya.

Arisana, & Lacopa, A. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(BSNP. 2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.), 22–42.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Framana, Irzal, Rifelino, Bultia Rahim, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Belajar, F., Pengelasan, T., Manual, B., & Belajar, H. (2022). Presepsi siswa terhadap fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat teknik pengelasan busur manual di SMK Negeri 1 Bukittinggi students ’ preceptions of learning facilities with learning outcomes in manual arc welding tecniques training outcomes at smk negeri 1. 4(4), 46–50.

Hartono, B., Sunardi, H., & Karyono, H. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Teknik Pemesinan Bubut. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 40. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17606

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/vie73

Khafid, M. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNNES, 2, 185–204.

Khumaero, lathifah alKhumaero, & Arie, S. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 18–23.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Modi, M., Rao, D., Agarwal, G., Patil, V., Khare, A., Shukla, S., & Sankhala, A. (2019). Modeling and analysis of turning process on lathe machine by Taguchi and ANOVA approach Related papers Paramet ric Opt imizat ion in Drilling of Al-SiC Composit e Using Taguchi Met hod Dr Manoj Modi St udy and Analysis of Mat erial Removal Rat e on Lat he. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10). www.ijstr.org

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070

Satria, E., Jasman, Irzal, & Mulyadi, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Hasil Melintang the Relationship of Learning Motivation During the Covid-19 Pandemic With the Learning Outcomes of Students of Class Xi Machinery Engineering Smk Negeri 1 Lembah Melintang. Vomek, 3(4), 75–80.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabeta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Suryana, I. B. (2014). Konstribusi Kualitas Pembelajaran Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas VIII di SMP Negeri 2 Abiansemal. Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12.

Yanis, M., Basri, H., Bizzy, I., & Firdaus, Z. K. A. (2021). Peningkatan Pengetahuan Bagi Industri Kecil Mesin Perkakas Dalam Pembuatan Komponen Yang Memenuhi Kualitas Standar Menggunakan Mesin Bubut. Jurnal Pengabdian Community, 3(3), 71–75.

Zakaria, M. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Standar Pendidikan Nasional (Analisis Struktur Fungsi). EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 22–30. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i1.233

Submitted

2022-10-13
Accepted
2022-11-23
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
R. Mariadi, I. Irzal, and R. Rifelino, “HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR BUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 173-178, Nov. 2022.