KORELASI MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Masalah pada penelitian ini berdasarkan observasi di kelas X Gambar Teknik SMK N 1 Padang didapati masih banyak hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar, salah satu aspek adalah minat belajar. Minat belajar diyakini besar pengaruhnya dalam mencapai prestasi pada suatu pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah mengungkapkan 1) Gambaran pada minat belajar siswa, 2) Gambaran pada hasil belajar siswa, dan 3) Korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X di SMK N 1 Padang. Metode research ini adalah correlational research. Populasi pada research adalah peserta didik pada kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK N 1 Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang siswa. Sampel diambil memakai teknik total sampling. Instrumen pada penelitian berbentuk angket kuesioner menggunakan uji korelasi pearson correlation. Hasil pada penelitian menunjukan: (1) Minat belajar pada tingkat berkategori “tinggi” dengan dengan presentase 49,3%, (2) Hasil belajar dengan interval 78-87 dengan presentase 62,0%, dan (3) Korelasi antara kedua variabel yang bersifat baik dan signifikansi antara minat belajar (variabel X) dengan hasil belajar (variabel Y) pada siswa dengan nilai r hitung > r tabel yaitu 0,391 > 0,233. Kesimpulan bahwa terbukti adanya korespondensi kuat antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas X Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 1 Padang tahun ajaran 2022/2023.
References
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Elfin, M., Indrawan, E., Lapisa, R., & Mulianti, M. (2022). Hubungan Pengalaman Praktek Industri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 25–30. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.329
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.
Marthin, F. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. STEAM Engineering, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.600
Marti’in, Wicaksono, L., & Purwanti. (2019). Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 5–6.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nuraeni, Y. (2020). Dampak Sosial Dan Ekonomi Pelatihan Kecakapan Hidup Dalam Rangka Penciptaan Dan Penumbuhan Wirausaha Baru (Studi Kasus Bantuan Program Pelatihan Kerja Dari Kementerian Ketenagakerjaan Kepada Lembaga Pelatihan Kerja Swasta). Jurnal Ketenagakerjaan, 15(2), 88–105. https://doi.org/10.47198/naker.v15i2.76
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Rahim, B., Indrawan, E., Aziz, A., & Pasaribu, M. (2022). Hubungan Motlvasl Belajar terhadap Hasil Belajar Media Pendidikan Program Studl Pendldlkan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang Relationship of Motivation to Learn Towards The Results of Learning Media Education Mechanical Englneerlng Ed. 4(2), 50–54. http://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article/view/345/192
Rajab, A., Amir Masruhim, M., & Intan Widiyowati, I. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan bantuan media papan tempel pada pokok bahasan tata nama senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.279
Ronaldi, R., Syahri, B., & Purwantono, P. (2022). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Terhadap Pemilihan Jurusan Teknik Pengelasan Di Smk Negeri 1 Sungai Limau. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 125–129. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.366
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.
Supardi, S., & K, A. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggunakan Perkakas Tangan Keahlian Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 7–11. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.25
Syafiq, Rizqi, A. (2016). Implementasi Kebijakan
Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skill ) Di Smk Negeri 1 Trucuk Klaten. Kebijakan Pendidikan, V, 514–525.
Syahri, B., & Syahrial, S. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.65
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.