MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MATA STUDI GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR KELAS XI TP 1 SMK N 1 SUMATERA BARAT BERSAMAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran diukur dari hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil ujian siswa pada akhir semester ganjil tahun ajar 2021/ 2022 menunjukkan dominannya siswa yang belum dapat meraih batas KKM, dari hal dapat diidentifikasi bahwa perolehan nilai siswa hasil pembelajaran di saat mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur untuk tingkat XI TP 1 di SMKN 1 Sumatera Barat masih belum sesuai harapan. Penggunaan model Project Based Learning, dalam riset ini hal yang di cari ialah menaikkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian Tindakan Kelas atau istilah lainnya (classroom action research) digunakan dalam penelitian tersebut. Penelitian ini mengikutsertakan 15 siswa dari kelas XI TP 1 rumble A sebagai subjeknya. Hasil dari uji soal pilihan ganda ranah kognitif tes dan tugas penyelesaian proyek pada bidang psikomotor dari tes menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran siswa meningkat antar siklus tersebut. Pelaksanaan pembelajaran siklus pertama menghasilkan rata-rata untuk pembelajaran siswa sebesar 71,4 yang bergerak ke arah yang baik menjadi 81,8 hasil siklus kedua. Pada siklus pertama proporsi persentase per kelas siswa tuntas 40% , naik menjadi 87% pada Siklus kedua. KKM 75 yang mensyaratkan ketuntasan klasikal minimal 75% merupakan ukuran keberhasilan penelitian. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hasil belajar peseta didik dapat ditingkatkan melalui memanfaatkan model pembelajaran Project Based Learning pada Gambar Teknik Manufaktur.
References
Ambiyar, A., Refdinal, R., Waskito, W., Rizal, F., & Nurdin, H. 2019. Application Of Assessment For Learning To Improve Student Learning Outcomes In Engineering Drawing Using CAD. 299(1), 107–112.
Ambiyar, Syahri, B., Adri, J., Primawati, Nurhaliza, & Islami, S. 2020. Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 125–138.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Gustianto, F., Jalinus, N., Waskito, & Sari, D. Y. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Manufaktur Sistem CAD. VOMEX, 2(2), 8–14.
Jalinus, N., Arwizet, Nabawi, R. A., & Ambiyar. 2017. Improve Learning Outcomes of Students Through Implementation of The Collaborative Project-Based Learning Model in Thermodynamics. Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation (ICEI), October, 559–564.
Jalinus, N., & Muhibbuddin, R. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kompetensi Teknik Pemesinan Berbasis Project Based Learning pada Pendidikan Vokasi dan Kejuruan di Sumatera Barat.. In Dikti-Jakarta : Peneliti Tim Pascasarajana.
Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. 2017. The Seven Steps of Project Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. 102(Ictvt), 251–256.
Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick. INVOTEK, 17(1), 73–80.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Offset.
Putra, M. A. T., Ambiyar, Hasanuddin, & Karuddin, A. 2020. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 1 Batipuh. VOMEK, 2(1), 83–90.
Rais, M. 2010. Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 246–252.
Refdinal, R., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. 2019. Assessment Methods with Gradations of Answers on Learning through E-Learning. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018), 299(January), 141–147.
Sukma, A. M. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis). Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 1.
Syahri, B., Syahril, & Yuliana. 2015. Strategi Pembelajaran Problem Solving di SMK N 10 Padang. In: 3 Rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET): Technical and Vocational Education and Training for Sustainable Societies, 16-17 Oktober, 124–128.
Syahril, S., Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Arbi, Y. 2019. The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning. 299(Ictvet 2018), 316–320.
Syahril, S., Nabawi, R. A., & Safitri, D. 2021. Students’ Perceptions of the Project Based on the Potential of their Region: A Project-based Learning Implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314.
Syahrum, & Salim. 2012. Metodologi penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Thames, L., & Schaefer, D. 2016. Software-defined Cloud Manufacturing for Industry 4.0. Procedia CIRP, 52, 12–17.
Tilak, J. B. G. 2002. Vocational Education And Training In Asia, The Handbook On Educational Research In The Asia Pacific Region.